Badminton yang Kian Populer di Tajikistan

Aziz Ruzibaev/Manizha Makhkamboeva
Pasangan bulutangkis Wakil Tajikistan di Asia Junior Championships yang Sukses Digelar Beberapa Waktu Lalu.
Badminton TV ‐ Created by RR

Tajikistan merupakan negara pecahan Uni Soviet yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Sebagian besar daratannya dikelilingi oleh pegunungan yang terletak di kawasan Asia Tengah. Dengan populasi penduduknya yang mencapai 8 juta orang, Tajikistan menawarkan segala jenis olahraga yang berhubungan dengan gunung. Mountain biking, hill climbing, rock climbing, hiking, mountain climbing, ski hingga snowboarding, merupakan olahraga paling populer yang bisa mudah ditemui di Tajikistan.

Selain olahraga yang berhubungan dengan pegunungan tersebut, Sepakbola dan Judo menjadi olahraga yang paling banyak peminatnya di Tajikistan. Oleh karena itu, Federasi Bulutangkis Tajikistan mulai gencar memperkenalkan olahraga tepok bulu tersebut ke masyarakatnya. Menurut BFT selaku badan tertinggi bulutangkis Tajikistan tersebut, bulutangkis bisa menjadi olahraga alternatif sekaligus "jembatan" bagi masyarakatnya untuk membela dan membawa negara mereka mengikuti berbagai kejuaraan-kejuaraan dunia karena kesempatannya lebih besar dibandingkan olahraga lain.

Sebagai negara berkembang, Tajikistan berusaha untuk membangun infrastruktur-infrastruktur sendiri untuk mendukung program mereka di bidang olahraga bulutangkis. Sejauh ini, respon masyarakat Tajikistan terhadap olahraga bulutangkis sangat postif dan mendapat dukungan dari segala lapisan masyarakat. Bukan mustahil jika nanti Tajikistan menjadi sosok kekuatan baru di dunia bulutangkis Asia bahkan dunia.

 

Video Credit: BadmintonWorld.tv