Indonesia Open 2024 - Chen/Jia Jumpa Juara Bertahan di Partai Puncak

Baek Ha Na/Lee So Hee (Djarum Badminton)
Baek Ha Na/Lee So Hee (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri China yang menempati unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, bertemu dengan juara bertahan Baek Ha Na/Lee So Hee asal Korea Selatan, di final Indonesia Open 2024. Baek/Lee melaju ke final berkat kemenangan atas pasangan China, Liu Sheng Shu/Tan Ning. Sementara, Chen/Jia mengalahkan wakil Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, untuk mencapai partai puncak.

Chen/Jia, ganda putri peringkat satu dunia, menang rubber game 21-10, 15-21, 21-17 atas Matsumoto/Nagahara, dalam laga yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6).

Pada pertandingan ini, Chen/Jia mengaku cukup kesulitan untuk meredam perlawanan wakil negeri sakura tersebut. Namun, dengan dukungan publik Istora, peraih medali emas Asian Games 2022 itu merasa termotivasi untuk dapat meraih gelar juara turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut.

"Tidak mudah untuk meraih kemenangan di laga ini karena memang kondisi arena banyak hembusan angin. Kami senang bermain di Indonesia Open 2024 karena menyajikan pertarungan yang ketat. Kami senang dengan level kompetitif para pemain di sini," papar Jia melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Di partai semifinal ganda putri lainnya, Baek/Lee sukses menghentikan laju Liu/Tan melalui straight games 21-11, 21-14.

Menghadapi partai final turnamen Indonesia Open 2024, Chen/Jia bertekad untuk bermain lepas guna mencapai podium tertinggi. Menilik pada rekor pertemuan, pasangan asal negeri tirai bambu itu telah meraih lima kemenangan dari tujuh laga melawan Baek/Lee.

Pada pertemuan terakhir di final BWF World Tour Finals 2023, Chen/Jia menang dengan skor identik 21-16, 21-16 atas pasangan peringkat ke-2 dunia tersebut. "Kami senang tampil di Indonesia Open 2024 karena sering tampil sebagai juara. Kami berharap bisa meraih kesuksesan di turnamen ini setelah itu fokus untuk bisa meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 mendatang," Jia, menjelaskan.

Sementara dari kubu Baek/Lee, keduanya bertekad ingin mempertahankan gelar juara. Pada Indonesia Open 2023, Baek/Lee meraih titel kampiun seusai mengalahkan pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, dengan skor 22-20, 21-10.

Menghadapi final, Baek/Lee bertekad untuk tampil tanpa beban dan tidak mau terbebani sebagai juara bertahan. "Sebenarnya kami tidak ada beban tersendiri untuk menjadi juara di turnamen Indonesia Open 2024. Kami merasa senang bisa masuk final lagi di turnamen ini," tutur Lee.

"Menghadapi partai final Indonesia Open 2024, kami akan berjuang lagi besok di final," tambahnya.

Sementara mengenai Chen/Jian, Baek/Lee tidak mau jemawa dan menjaga fokus sepanjang laga agar bisa meraih gelar juara. "Menghadapi Chen/Jia, mereka punya keunggulan di kecepatan. Saya akan menjaga komunikasi sepanjang pertandingan," demikian Baek.