Indonesia Open 2024 - China Dominasi Final

Shi Yu Qi (Djarum Badminton)
Shi Yu Qi (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Para wakil China mendominasi semua nomor di partai puncak Indonesia Open 2024 yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Minggu (9/6). Korea Selatan meloloskan dua wakilnya di nomor tunggal putri dan ganda putri, sementara Denmark dan Malaysia memiliki masing-masing satu finalis dinomor tunggal putra dan ganda putra. Final sesama pasangan China tercipta di nomor ganda campuran.

Dari sektor tunggal putra, unggulan kedua Shi Yu Qi akan berjumpa dengan pemain unggulan Denmark, Anders Antonsen, di final. Kepastian itu didapat setelah Shi menumbangkan rekan satu negaranya, Li Shi Feng, di babak empat besar melalui rubber game 19-21, 21-19, 21-14.

Beralih ke nomor tunggal putri, juara bertahan Indonesia Open, Chen Yu Fei, akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Korea Selatan An Se Young di partai penentu. Antara melaporkan, ini merupakan pertemuan ke-20 dari tunggal putri peringkat satu dan dua dunia itu, dengan pertemuan terakhir dimenangkan oleh An di final Singapore Open 2024.

Selanjutnya di final nomor ganda putra, wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang, akan bertemu dengan pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Dalam tiga kali pertemuan, Man/Tee belum pernah memenangkan satu pun laga atas pasangan peringkat ke-2 dunia itu.

Lalu dari sektor ganda putri, China diwakili pasangan peringkat satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Chen/Jia akan bertemu juara bertahan asal Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee, di partai puncak turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 1000.

Ini merupakan pertemuan kedelapan di antara kedua pasangan, dan pertemuan terakhir dimenangkan oleh Chen/Jia pada final World Tour Finals 2023.

Terakhir, duel di antara dua pasangan ganda campuran negeri tirai bambu, yaitu Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Zheng/Huang unggul 3-2 atas kompatriotnya tersebut dalam head-to-head.

Berikut rangkaian partai final Indonesia Open 2024, Minggu (9/6):

  • Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China/5)
  • Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs. Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan/2)
  • An Se Young (Korea Selatan/1) vs. Chen Yu Fei (China/2)
  • Anders Antonsen (Denmark/4) vs. Shi Yu Qi (China/2)
  • Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs. Liang Wei Keng/Wang Chang (China/2)