Indonesia Open 2024 - Empat Wakil Tuan Rumah Berjuang di Perempat Final

Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak empat wakil Indonesia siap berjuang di babak delapan besar turnamen bulu tangkis BWF Super 1000 Indonesia Open 2024 yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Jumat (7/6), pagi WIB. Keempat wakil tuan rumah tersebut terdiri dari satu wakil di nomor tunggal putri, dua ganda putra, serta satu ganda campuran.

Dari nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, berjumpa dengan unggulan keenam asal China, Wang Zhi Yi. Berdasarkan catatan head-to-head, Gregoria dan Wang sudah bertemu sebanyak lima kali, dengan wakil "Merah Putih" unggul 3-2 atas pemain asal negeri tirai bambu tersebut.

Antara melaporkan, kali terakhir kedua pemain bersua adalah di perempat final Singapore Open 2024 pada pekan lalu. Kala itu, kemenangan diraih Gregoria melalui rubber game ketat 21-13, 13-21, 24-22.

Selama tiga hari berlangsungnya Indonesia Open 2024, Gregoria tampil cukup konsisten dan percaya diri dalam menghadapi para lawannya. Hal serupa juga dialami oleh Wang, yang sama-sama memiliki konsistensi dan keyakinan saat berlaga di lapangan.

Beralih ke sektor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja akan berhadapan dengan unggulan keenam asal Thailand Dechapol Puaavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Berdasarkan rekor pertemuan, Dejan/Gloria masih belum dapat meraih satu pun kemenangan dari dua pertemuan sebelumnya.

Namun, peluang untuk melaju ke semifinal masih terbuka, mengingat Dejan/Gloria berhasil memulangkan lawan-lawan yang cukup berat di turnamen ini. Di babak 32 besar, pasangan non-pelatnas itu menang atas wakil Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin. Lalu di babak kedua, mereka menang atas Juara Dunia 2023 Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Berpindah ke sektor ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menghadapi unggulan keempat asal Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Kedua pasangan sudah empat kali bertemu, tetapi Bagas/Fikri belum pernah meraih satu pun kemenangan atas Astrup/Rasmussen.

Bertanding di hadapan publik sendiri tentu diharapkan dapat menjadi tambahan motivasi bagi Bagas/Fikri demi memperpanjang napas Indonesia di turnamen penting ini.

Wakil kedua di nomor ganda putra adalah Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi yang menjamu pasangan Taiwan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan di perempat final.

Sabar/Reza sejauh ini tampil cukup konsisten di Indonesia Open 2024 dengan memenangkan laga sengit atas kompatriotnya Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat di babak pertama, serta memulangkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin, di babak 16 besar.