Indonesia Open 2024 - Hanya Satu Wakil Tuan Rumah yang Tersisa

Muhammad Reza Pahlevi & Sabar Karyaman Gutama (Djarum Badminton)
Muhammad Reza Pahlevi & Sabar Karyaman Gutama (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia memiliki 19 wakil pada Indonesia Open 2024 pada pekan ini. Namun, tak sedikit tersingkir pada babak-babak awal, hingga "Merah Putih" hanya menyisakan ganda putra non-pelatnas Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani pada semifinal turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 100 tersebut.

Sabar/Reza merebut tiket ke babak empat besar berkat kemenangan atas pasangan Taiwan, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan dengan skor 21-17, 14-21, 21-16. Kemenangan ini juga membuat Sabar/Reza revans atas Lee/Yang. Pada pertemuan sebelumnya, juara Indonesia Masters 2023 Super 100 di Medan itu kalah rubber game 11-21, 21-13, 18-21. Pertemuan itu terjadi di babak 32 besar Thailand Masters 2024.

Sabar/Reza belajar banyak dari kekalahan tersebut dengan bermain tanpa beban. Akhirnya, seusai melakukan evaluasi, Sabar/Reza mampu mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya untuk akhirnya melangkah ke babak empat besar.

Sementara, pada partai semifinal yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6), mereka akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Man We Chong/Kai Wun Tee. Pada laga sebelumnya, ganda putra asal negeri jiran itu mengalahkan wakil Taiwan lainnya, yakni Lu Ching Yao/Yang Po Han dengan skor 21-17, 18-21, 21-10.

Menghadapi partai empat besar, Sabar/Reza mengaku waspada dengan ganda putra peringkat ke-20 dunia itu. Sepanjang Indonesia Open 2024, Man/Kai tampil gemilang dengan mengalahkan pasangan-pasangan tangguh, yaitu Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae asal Korea Selatan dan Rasmus Kjær/Frederik Søgaard (Denmark).

"Kami melihat pasangan Man Wei Chong/Kai Wun Tee sedang on-fire di beberapa turnamen terakhir termasuk Indonesia Open 2024. Kami tidak mau berkecil hati dan tetap optimis," kata Sabar melalui keterangan pers Humas PP PBSI.