Asian Games 2022 - Bulu Tangkis Ditargetkan Tiga Emas

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Cabang olahraga bulu tangkis menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas pada Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China, 23 September-8 Oktober 2023. Kementerian Pemuda dan Olahraga menargetkan 12 emas dapat disumbangkan dari bulu tangkis, perahu naga, jujitsu, kurash, karate, sepak takraw, panjat tebing, atletik dan wushu. Sementara, PP PBSI menargetkan bisa meraih tiga medali emas pada pesta olahraga Asia ini.

"Target kita tiga emas, dari beregu putra, ganda putra, dan tunggal putra," ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky kepada wartawan di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (20/9) pagi.

"Tapi, kita punya cita-cita lebih dari target. Saya juga lihat motivasi dari pelatih dan para pemain pun juga tinggi," Rionny, menambahkan.

Rionny juga menyatakan, sekembalinya dari dua turnamen di China Open 2023 dan Hong Kong Open 2023, skuad Asian Games 2022 langsung fokus berlatih. Para pemain juga melakukan evaluasi dari hasil di dua turnamen terakhir, sebelum bertolak ke China pada akhir pekan ini. "Anak-anak langsung latihan, ya. Dan latihan pun bukan mulai dari nol lagi, tapi fokus ke beberapa hal perbaikan. Dan saya lihat anak-anak, siap untuk bertanding," katanya.

Pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018, bulu tangkis menyumbangkan dua medali emas dari tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Sementara, cabang olahraga bulu tangkis pada Asian Games 2022 digelar di Binjiang Gymnasium, dan berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2023 dengan mempertandingkan nomor beregu. Kemudian berlanjut dengan nomor perorangan pada 2-7 Oktober. Tim bulu tangkis Indonesia diperkuat 10 pemain putra dan 10 pemain putri.