Asian Games 2022 - Sejumlah Tantangan bagi Ester dan Komang Ayu

Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dua atlet tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi, menyatakan telah mempersiapkan kondisi fisik, teknis, serta program dari pelatih yang telah disesuaikan, sebelum bertarung pada Asian Games Hangzhou 2022. Inilah debut Ester dan Komang pada Asian Games, yang kali ini telah memasuki edisi ke-19 dan berlangsung pada 23 September-8 October 2023.

"Kami senang, walaupun debut kali ini masih ada yang lebih senior seperti Kak Gregoria atau Putri KW, mungkin bisa belajar dari melihat mereka bertanding nanti," kata Komang, usai pengukuhan tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou 2022, di Jakarta, Selasa (19/9).

"Dan pastinya semuanya mau (medali) emas, tapi kembali lagi, kita cuma akan berusaha maksimal, dan bermain yang lepas. Ada beban, tapi itu bukan suatu kendala, dan kami jadikan motivasi saja," Ester, menambahkan.

Sementara, Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna mengatakan, pihaknya memastikan untuk melakukan persiapan terbaik bagi para atlet yang bertanding nanti di Hangzhou.

"Kami harus mempertimbangkan kesiapan atlet. Mereka siap, tetapi kami akan melakukan upaya terbaik kami supaya di 2023 ini persiapannya berjalan baik agar mendapatkan hasil terbaik juga," kata Agung, seperti dilaporkan Antara.

Berdasarkan informasi pada Tournament Software, laman yang menyediakan jadwal dan hasil pertandingan, skuad putri "Merah Putih" di nomor beregu Asian Games 2022 adalah Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma, Lisa Ayu Kusumawati, Pitha Haningtyas Mentari, Amalia Cahaya Pratiwi, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Cabang olahraga bulu tangkis pada Asian Games Hangzhou 2022 digelar di Binjiang Gymnasium, 28 September-1 Oktober 2023 dengan mempertandingkan nomor beregu. Kemudian berlanjut dengan nomor perorangan pada 2-7 Oktober. Tim bulu tangkis Indonesia diperkuat 10 pemain putra dan 10 pemain putri.