BAJC 2024 - Ganda Putri Indonesia Mengejar Kemenangan Kedua

Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (Humas PP PBSI)
Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Ganda putri Indonesia Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani melaju ke babak 32 besar turnamen Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 seusai mengalahkan ganda putri Thailand, Kodchaporn Chaichana/Pannawee Polyiam. Bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Rabu (3/7/2024), Nabila/Reva menang dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-8 atas wakil negeri "Gajah Putih" tersebut.

Pada pertandingan ini, pasangan peringkat ke-182 dunia junior itu mengaku mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga. Strategi tersebut membuat lawan kewalahan sehingga Nabila/Reva bisa menang dua gim langsung dalam tempo 32 menit. "Kami mengambil inisiatif penyerangan sejak awal dan bermain lebih tenang. Kami berupaya untuk tampil tanpa beban. Dengan hal tersebut kami bisa memegang kendali penuh permainan," ungkap Nabila melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Nabila/Reva mengaku senang kembali bisa tampil di ajang BAJC 2024 setelah sebelumnya tampil pada edisi 2023.

Dengan pengalaman keikutsertaan sebelumnya, Nabila/Reva sudah mempersiapkan diri dengan matang menghadapi turnamen bulu tangkis junior Asia itu. "Pada keikutsertaan kami pertama di 2023 memang masih ada perasaan tegang. Ini kali kedua kami tampil jadi bermain lebih lepas dan tenang. Kami juga bermain aman dengan tidak membuat banyak kesalahan sendiri. Kami belajar banyak dari keikutsertaan pada turnamen sebelumnya," ujar Nabila.

Dengan kemenangan ini, Nabila/Reva akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Ong Xin Yee/Carmen Ting. Pada laga sebelumnya, wakil negeri jiran tersebut mendapat keuntungan dengan langsung melangkah ke 32 besar seusai mendapatkan bye.

Pasangan lainnya yang juga ke babak 32 besar, yaitu Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma seusai menumbangkan wakil Malaysia, Clarissa San/Tan Zhing Hui, dengan skor 21-13, 21-11.

Pada pertandingan ini Ardita/Titis bermain menekan sejak awal laga sehingga mampu meraih kemenangan dua gim langsung dalam tempo 29 menit. Strategi tersebut berjalan dengan baik mengingat wakil negeri jiran tersebut tidak mampu meladeni permainan pasangan berperingkat ke-637 dunia itu. "Kami mencoba bermain dengan gaya bermain kami. Lawan terlihat kewalahan sehingga tidak bisa keluar dari tekanan kami. Sejauh ini kami mau menikmati pertandingan pada setiap babaknya," ungkap Ardita.

Dengan kemenangan ini, Ardita/Titis akan berhadapan melawan wakil Uni Emirat Arab, Taralakshmi Karthikeyan/Sakshi Kurbkhelgi, yang mendapat keuntungan langsung melangkah ke babak 32 besar.

Pasangan tuan rumah lainnya, Rasi Joase Niakhe Munajad/Angelita Magdalena Yusup, melangkah ke babak kedua seusai mengalahkan wakil Vietnam, Bich Phuong Bui/Thi Anh Tran, dengan skor 13-21, 21-19, 21-15. "Kami mengawali laga dengan tempo lambat. Kami ditekan lawan sejak awal laga sehingga tidak bisa keluar dari tekanan lawan. Kami menemukan momentum di pengujung laga dengan bermain lebih tenang. Akhirnya kami bisa meraih kemenangan dan melangkah ke babak berikutnya," ungkap Angelita.

"Sebisa mungkin kami bermain menikmati tidak boleh ada beban. Kami tidak boleh tegang di lapangan dan harus enjoy setiap laganya," Rasi, menambahkan.