BAJC 2024 - Lin/Liu Terlalu Tangguh bagi Darren/Bernadine

Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Humas PP PBSI)
Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Ganda campuran Indonesia Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana harus puas menjadi runner-up turnamen bulu tangkis Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024. Mereka gagal meredam pasangan China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan. Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7), Darren/Bernadine kalah straight games 12-21, 13-21 dari wakil negeri tirai bambu tersebut.

Pada laga ini, Darren/Bernadine kurang bisa mengimbangi permainan Lin/Liu yang bermain menyerang sejak awal pertandingan. Lebih banyak ditekan, Darren/Bernadine akhirnya harus mengakui kekuatan lawan dalam pertandingan berdurasi 33 menit itu. "Lawan lebih unggul, kami harus evaluasi dan nantinya jika kembali bertemu kami bisa membalas kekalahan," ungkap Darren kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Lawan tidak mau kalah, mereka fight memang permainan kami kalah. Soal kondisi sudah cukup," Bernadine, menambahkan.

Hasil ini membuat Darren/Bernadine gagal mengikuti pasangan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil yang sebelumnya berjaya pada ajang AJC 2019 di China. Saat itu di Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou, China, Leo/Indah menjadi juara seusai mengalahkan wakil tuan rumah, Feng Yan Zhen/Lin Fang Ling, dengan skor 16-21, 22-20, 22-20.

"Kami harus berlatih lebih keras lagi agar ke depannya bisa mendapat hasil lebih baik lagi. Raihan di turnamen ini tentu tidak membuat kami puas. Masih ada beberapa gelar yang harus kami raih lagi," ujar Darren.

"Raihan runner-up pada ajang Badminton Asia Junior Championships 2024 kami persembahkan untuk Indonesia. Sudah lama sektor ganda campuran Indonesia belum mendapatkan gelar, kami berharap raihan ini bisa memberikan motivasi buat kami," Bernadine, menimpali pernyataan partnernya.

Dengan hasil ini, wakil China tercatat memborong lima gelar juara dari BAJC 2024. Selain Lin/Liu, gelar juara yang diraih para pebulu tangkis China lainnya disumbangkan oleh Hu Zhe An (tunggal putra), Xu Wen Jing (tunggal putri), Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra), dan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri).

Berikut hasil final BAJC 2024:

Tunggal Putra
Hu Zhe An (China) vs. Yoon Ho Seong (Korea Selatan) 13-21, 21-14, 21-14

Tunggal Putri
Xu Wen Jing (China) vs. Yin Yi Yi Qing (China) 21-13, 21-15

Ganda Putra
Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (China) vs. Kang Khai Xing/Aaron Tai (Malaysia) 21-13, 21-11

Ganda Putri
Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (China) vs. Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-11, 21-15

Ganda Campuran
Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (China) vs. Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Indonesia) 21-12, 21-13