BAJC 2024 - Optimisme Selimuti Skuad Muda Indonesia

Anselmus Breagit Fredy Prasetya, Pulung Ramadhan, Mutiara Ayu Puspitasari, Eddy Prayitno, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi, & Bismo Raya Oktora (Humas PP PBSI)
Anselmus Breagit Fredy Prasetya, Pulung Ramadhan, Mutiara Ayu Puspitasari, Eddy Prayitno, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi, & Bismo Raya Oktora (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Berbekal kekompakan, tim bulu tangkis Indonesia bertolak menuju Yogyakarta guna merebut gelar juara beregu campran Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024, 28 Juni-7 Juli. Sejak awal berlatih, para pemain, ofisial, maupun pelatih, bertekad untuk menjadi juara. Publik Kota Yogyakarta diharapkan dapat membantu mewujudkan target tersebut dengan mendukung langsung atlet yang berlaga ke GOR Amongrogo.

"Kami sudah berlatih dengan maksimal dengan materi pemain junior terbaik yang ada di Indonesia. Tahun lalu kami belum bisa membawa Indonesia meraih gelar juara, pada edisi kali ini kami bertekad untuk mengumandangkan lagu 'Indonesia Raya' dan mengibarkan bendera 'Merah Putih' di GOR Amongrogo," jelas manajer tim beregu campuran Indonesia, Eddy Prayitno, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (27/6).

"Sejak awal kami sudah punya tekad tersebut," Eddy, menegaskan.

Persaingan pada kejuaraan ini diperkirakan berlangsung sengit dengan kehadiran China yang mengirimkan kekuatan terbesar dengan 30 atlet. Lalu, Thailand (29 atlet), Filipina (21), Malaysia (20), Jepang (20), Taiwan (20), India (18), Korea Selatan (16), Singapura (12), Hong Kong (12), Uni Emirat Arab (10), Vietnam (10), Makau (9), Kazakhstan (5), Arab Saudi (4), Myanmar (2), dan Iran (1). Sementara tuan rumah menerjunkan 52 atlet terbaiknya.

Sekadar catatan, tim beregu campuran Indonesia pada BAJC 2023 harus puas menjadi runner-up. Alwi Farhan dan kawan-kawan kalah 2-3 dari tim beregu campuran Jepang di partai puncak.

Raihan tersebut mengulang prestasi tim "Merah Putih" yang pada edisi 2019 di Suzhou, China, juga finis di peringkat kedua di bawah Thailand seusai kalah dengan skor 2-3.

Pada BACJ 2024, tim bulu tangkis beregu campuran Indonesia menurunkan 16 pemain terbaiknya dengan perincian delapan putra dan delapan putri.

Adapun di nomor perorangan sebanyak 52 pemain akan turun di lima sektor mulai dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran. Pada tahun 2023, Indonesia sukses menyabet satu gelar juara dari nomor tunggal putri lewat Mutiara Ayu Puspitasari yang di final menang atas wakil Korea Selatan, Kim Min Ji, dengan skor 21-11, 21-17.

Pembagian Grup Kejuaraan Beregu

  • Grup A: Thailand, Korea Selatan, Taiwan
  • Grup B: Malaysia, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, Makau
  • Grup C: Indonesia, India, Vietnam, Filipina
  • Grup D: China, Jepang, Singapura, Hong Kong

Jadwal Pertandingan Beregu Campuran Indonesia

  • Jumat (28/6) 08.30 WIB: Indonesia vs. Filipina
  • Sabtu (29/6) 09.00 WIB: Indonesia vs. Vietnam
  • Minggu (30/6) 16.00 WIB: Indonesia vs. India