BAJC 2024 - Perjuangan Richie Terhenti di Semifinal

Richie Duta Ricardo (Humas PP PBSI)
Richie Duta Ricardo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Laju pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Richie Duta Richardo, pada turnamen Badminton Asia Junior Championships 2024 terhenti di babak empat besar. Ia kalah dari juara bertahan Hu Zhe An. Bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (6/7), pemain kelahiran 23 November 2007 itu harus mengakui keunggulan pemain asal China tersebut lewat straight games 14-21, 13-21.

Pada pertandingan ini, Richie mengaku sudah bermain lepas untuk bisa mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya. Hal tersebut tidak cukup mengingat lawan bermain sangat taktis dengan mengambil inisatif penyerangan.

Alhasil, Richie yang kurang bisa mengimbangi harus mengakui keunggulan lawan pada laga ini dalam tempo 42 menit. "Pada laga ini saya kurang cepat untuk mengambil inisiatif penyerangan. Lawan terlihat lebih siap dalam mengantisipasi serangan dan saya banyak melakukan kesalahan sendiri," ungkap Richie melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Pada edisi 2023, Hu naik podium tertinggi seusai menumbangkan wakil Jepang, Yudai Okimoto, dengan skor 13-21, 21-14, 21-14. Sementara, di partai final BAJC 2024, runner-up BWF World Junior Championships 2023 itu berhadapan dengan wakil Korea Selatan, Yoon Ho Seong.

Melihat karakter Hu, Richie mengaku belajar banyak dari wakil negeri tirai bambu itu.  "Lawan tidak menunjukkan gestur yang mengendur sepanjang laga. Saat kami sudah sama-sama lelah dalam bermain reli, saya malah menunjukkan permainan menurun sedangkan lawan masih dalam keadaan prima. Hal tersebut dimanfaatkan dan dari hal tersebut membuat saya banyak belajar dari lawan hari ini," ujar Richie.

Raihan semifinal BAJC 2024 tidak membuat Richie puas. Pemain asal Tanjung Pinang itu berharap performanya lebih baik lagi saat tampil di turnamen level Asia maupun dunia. Terlebih, dengan pencapaian dan pengalamannya, tunggal putra peringkat ke-103 dunia junior itu berharap bisa memperkuat tim beregu campuran Indonesia pada ajang BWF World Junior Championships 2024 di Nanchang, China.

"Saya harus berlatih dengan keras lagi ke depannya agar bisa bermain lebih baik lagi," Richie, menegaskan.

Dengan hasil ini Indonesia hanya menempatkan satu wakil di final BAJC 2024, yaitu ganda campuran Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana. Mereka memastikan diri ke partai puncak seusai menumbangkan wakil Korea Selatan, Lee Hyeong Woo/Cheon Hye In, dengan skor 21-9, 21-18.

Pada partai puncak, Darren/Bernadine, pasangan yang memulai debut pada BAJC 2024, akan berhadapan melawan wakil China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan, yang di babak empat besar menang atas rekan senegaranya, Wang Zi Heng/Cao Zi Han, dengan 23-21, 21-15.

Partai final BAJC 2024 digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7) mulai pukul 12.00 siang WIB.