BAMTC 2023 - Lawan Thailand, Rionny: Kami Turunkan Kekuatan Terbaik

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Dubai | Tim bulu tangkis Indonesia siap menurunkan kekuatan terbaik untuk menghadapi Thailand di pertandingan terakhir fase grup pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023. Keputusan ini diambil untuk memenuhi target awal, juara grup. Laga ini berlangsug di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2) pukul 13:00 waktu setempat. Pemenang pertandingan ini adalah juara grup.

"Yang pasti kami akan menurunkan kekuatan terbaik yang Indonesia miliki. Kita tampilkan semua pemain terkuatnya untuk menghadapi Thailand. Ini agar bisa jadi juara grup," tegas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Karena berambisi untuk menjadi juara grup, skuad "Merah Putih" menurunkan tim terbaik. Pada laga sebelumnya, baik Indonesia maupun Thailand, masing-masing menang 5-0 atas Lebanon, Suriah, dan Bahrain. "Dari awal, kami memang memasang target juara grup. Makanya, pertandingan terakhir lawan Thailand harus dimenangkan," ujar Rionny.

Nama-nama pemain yang diturunkan adalah kekuatan utama skuad Indonesia. Pada nomor tunggal putra dan putri ada Anthony Sinisuka Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung. Untuk ganda putra dan putri dipilih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sedangkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ditunjuk untuk tampil di ganda campuran.

"Inilah nama-nama pemain yang dipilih untuk tampil menghadapi Thailand. Mereka ini adalah materi terbaik yang kita bawa ke Dubai," kata Rionny.

Kecuali Rinov/Pitha, mereka ini sengaja "disimpan" dan tidak dimainkan saat melawan Bahrain pada Rabu (15/2). Waktu yang ada digunakan untuk persiapan terakhir dan lebih fokus.

Sementara, menurut pelatih ganda putra Aryono Miranat, Fajar/Rian memang sudah dirancang dari Jakarta untuk dimainkan melawan Thailand. "Kondisi mereka juga oke dan siap dimainkan," kata Aryono.

Mewakili rekan-rekannya, kapten tim Apriyani menyatakan, seluruh rekannya juga sudah siap bertarung. "Saya dan teman-teman siap tempur lawan Thailand," ujarnya.

Berikut susunan pemain yang diturunkan pada pertandingan antara Indonesia dan Thailand:

  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Sitthikom Thammasin
  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Busanan Ongbamrungphan
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-Nga
  • Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong