"Dadminton"

Viktor Axelsen & Vega Rohde Axelsen (Djarum Badminton)
Viktor Axelsen & Vega Rohde Axelsen (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Hari ini, atlet spesialis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan resmi masuk dalam kategori "the big four-oh". Usianya telah menginjak 40 tahun dan masih bertualang ke berbagai negara dengan partnernya, Mohammad Ahsan, bertarung di sejumlah turnamen bulu tangkis Tur Dunia BWF. Mereka adalah para ayah yang dijuluki oleh para pecinta bulu tangkis sebagai "The Daddies".

Selain "The Daddies, ada juga julukan "Papa Vega" bagi pebulu tangkis kesohor Denmark, Viktor Axelsen. Ia senang dengan julukan tersebut dan kerap membagikan kebersamaan dengan putri sulungnya serta istrinya, Natalia Kohc Rohde, di media sosial. Bahkan, Axelsen dan Vega pernah sepanggung bersama saat penyerahan penghargaan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Setelah Vega Rohde Axelsen lahir pada 2020, dua tahun kemudian lahir putri keduanya, Aya Rohde Axelsen, yang lahir pada 2022.

Nah, melalui jejaring sosial X (dulu Twitter) pada medio 2022, Axelsen pernah bertanya, ""I’m I the only current MS player in top 32 who is a dad? Was just talking with Natalia about it and I’m not 100% sure."

Hampir dua tahun kemudian, pemilik akun @BadmintonZenith menjawab cuitan Axelsen tersebut dengan menuliskan, "Now you are not alone @ViktorAxelsen, got company. Start a Whatsgroup, something like 'Dadminton'." Tak sedikit netizen yang menilai "Dadminton" yang muncul pada kicauan @BadmintonZenith sebagai julukan yang genius!

Pada unggahan tersebut, @BadmintonZenith juga menyertakan dua foto teranyar dari dua pebulu tangkis dunia, Loh Kean Yew (LKY) dan Jonatan Christie alias Jojo. Foto pertama adalah LKY baru saja menjadi seorang ayah tampak memeluk anaknya. Foto tersebut yang kali pertama diunggah pada Rabu (8/8) melalui akun Instagram LKY, @lohkeanyew.

"Finally coming home to my medal. Thankful for the support received during my wife’s pregnancy journey, especially my in laws for taking extra care of her when I’m away for tournaments so that I could focus well. Welcome to the world, our precious little one," tulis pebulu tangkis Singapura yang lahir di Malaysia tersebut.

Kemudian, foto kedua adalah foto Jojo yang terlihat menyambut anak pertamanya yang baru lahir, Leander Jayden Christie. Sekadar informasi, Jojo memutuskan mundur dari Japan Open 2024 agar fokus menemani istri bersalin.

"The Daddies", "Papa Vega", atau "Dadminton", merupakan bentuk apresiasi dan kecintaan dari para pecinta bulu tangkis sejagat kepada Ahsan/Hendra, Axelsen, LKY, dan Jojo. Mengutip laman berita Kompas.id, "Motivasi, kerja keras, disiplin di dalam dan luar lapangan, di tengah peran sebagai suami dan ayah, membuat mereka menjadi seperti saat ini."