Demi Kesehatan dan Olimpiade, Ganda Putra No. 1 Malaysia Tarik Diri Dari All England 2021

Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) mundur dari All England 2021.
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) mundur dari All England 2021.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda putra nomor satu Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik memutuskan untuk tidak ambil bagian pada kejuaraan All England 2021 BWF World Tour Super 1000 yang dijadwalkan berlangsung pada 17 hingga 21 Maret mendatang. Faktor kesehatan, keselamatan dan menjaga asa ke panggung Olimpiade Tokyo 2020 menjadi alasan Aaron/Soh untuk mundur dari turnamen tersebut.

Apalagi, All England 2021 BWF World Tour Super 1000 ini tidak termasuk ke dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Juli 2021 mendatang. Untuk itu, Direktur Pelatihan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choong Hann menuturkan bahwa pihaknya memberikan pilihan kepada para atlet mereka untuk ikut berkompetisi atau tidak. Mengingat, kondisi wabah virus korona masih belum kunjung mereda.

Dan Aaron/Soh pun akhirnya mengambil keputusan untuk mundur dari All Engand 2021. “Kami memberi tahu para pemain bahwa mereka memiliki hak untuk menolak. Karena kasus Covid-19 di Inggris masih tinggi. Dan selain itu, All England juga bukan kualifikasi Olimpiade,” kata Wong Choong Hann dilansir Indosport dari The Star.

“Karena Aaron/Wooi Yik masih dalam rentang kualifikasi Olimpiade, mereka memutuskan untuk mundur dari All England. Mereka akan melihat beberapa kualifikasi Olimpiade di Asia untuk memperkuat peringkat mereka di Olimpiade Tokyo,” sambungnya menambahkan.

Bukan cuma Aaron/Soh, ganda putra Malaysia lainnya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin juga memilih melakukan hal yang sama, mundur dari All England 2021. Dikatakan Wong, mayoritas pebulutangkis Malaysia lebih mengutamakan Swiss Open 2021 BWF Wold Tour Super 300 karena turnamen tersebut masuk ke dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

“Kedua pasangan akan melakukan perjalanan ke Basel dan pulang setelah itu. Yang lain di tim, bagaimanapun, akan langsung menuju Birmingham setelah Swiss Open meskipun ada jeda satu minggu,” tandasnya.