Greysia Polii Cetak Rekor Sembilan Kali Berlaga di Piala Sudirman

Greysia Polii (Foto: Badminton Photo/Jnanesh Salian)
Greysia Polii (Foto: Badminton Photo/Jnanesh Salian)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Bagi peraih medali emas Olimpiade, Greysia Polii, besar kemungkinan Piala Sudirman 2021 menjadi kesempatan terakhir untuk meraih titel juara ajang bergengsi kelas dunia. Sudah sembilan kali atlet spesialis ganda ini bertanding di Piala Sudirman. Terbanyak di antara para atlet yang mengisi skuad "Merah Putih" pada kejuaraan beregu campuran yang tahun ini dilangsungkan di Vantaa, Finlandia.

Kabar mengenai rekor itu datang dari @BadmintonTalk yang menyebutkan, Greysia telah memperkuat kontingen "Merah Putih" sejak Piala Sudirman 2005 hingga 2021. "Greysia Polii is set to play in her NINTH Sudirman Cup, the most of current squad members," demikian cuitan akun Twitter yang memiliki lebih dari 381 ribu pengikut tersebut, Senin (27/9).

Kicauan tersebut muncul jelang pertandingan Indonesia melawan Kanada dalam lanjutan babak penyisihan Grup C Piala Sudirman 2021. Greysia dan Apriyani Rahayu --sesama peraih keping emas Tokyo 2020-- diturunkan pada nomor ganda putri di laga keempat, dan berhasil membawa Indonesia imbang 2-2. Keduanya menyudahi perlawanan Rachel Chan/Catherine Choi dengan straight game 21-16, 21-10.

Melalui laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), atlet berusia 34 tahun mengungkapkan, "Kami semua menginginkan titel juara kejuaraan beregu. Ada perbedaan yang mencolok antara bermain individu dan bermain beregu. Artinya, saya bermain untuk semua. Jika kita meraih kemenangan, kegembiraan menjadi milik kita semua. Di situ letak dasar perbedaannya."

"Semua kompak untuk kepentingan tim, itu yang utama. Yang ada di dalam pikiran kita adalah datang ke sini untuk tim. Kami bertanding untuk mendukung satu sama lain dan kami mengincar kemenangan tim. Saya berharap tetap dapat memberikan yang terbaik dengan menyumbangkan poin di setiap laga. Kami tidak berpikir bahwa skuad ini adalah yang terkuat begitu pun terlemah. Namun siapa pun lawan kami, kami harus tetap fokus," Greysia, menambahkan.

Indonesia berhasil menuntaskan partai kedua dalam Grup C dengan keunggulan 3-2 atas Kanada. Untuk sementara, grup ini dipimpin oleh Denmark. Indonesia menempati posisi kedua, kemudian disusul Kanada di peringkat ketiga dan Federasi Bulu Tangkis Rusia (NBFR) di posisi keempat.

Pada penyisihan terakhir, Indonesia dijadwalkan bertemu Denmark, Rabu (29/9), pada pukul 14:00 WIB. Pada waktu yang sama, Kanada bertemu NBFR.