Hong Kong Open 2024 - Sabar/Reza Menempati Posisi Kedua

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani & Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Humas PP PBSI)
Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani & Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani harus puas meraih gelar juara kedua Hong Kong Open 2024, setelah dikalahkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae asal Korea Selatan. Berlaga di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Minggu (15/9), pasangan non-pelatnas itu kalah straight games 13-21, 17-21 dalam pertandingan berdurasi 37 menit.

"Alhamdulillah tetap bersyukur. Kami bisa keluar sebagai runner-up. Harapan memang bisa menjadi juara, tapi harus diakui Kang/Seo hari ini bermain lebih baik. Mereka benar-benar bisa mengontrol, memanfaatkan situasi," jelas Sabar kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Di gim pertama kami tidak bisa keluar dari tekanan, lalu di gim kedua kami mencoba mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik tapi hasilnya memang tidak bisa memenangkan pertandingan. Tapi secara pribadi saya puas dengan hasil di Hong Kong Open ini," Sabar, menambahkan.

Sementara, secara umum Reza menilai Kang/Seo mampu menyuguhkan performa yang sangat bagus, khususnya pada servis mereka. "Kami kewalahan di sana," tuturnya, seraya menambahkan, "Di gim kedua kami sempat bangkit dan menyamakan kedudukan tapi setelah poin 14-14 itu, mereka kembali dengan kelebihannya itu."

"Kami tidak menyangka akan pencapaian di sepanjang tahun ini. Awalnya kami mau nothing to lose saja tapi diberikan yang lebih. Kami bersyukur atas itu," tambah Reza.

Dalam perjalanan menuju final turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 500 ini, Sabar/Reza berhasil memenangkan setiap laga tanpa kehilangan satu gim pun. Mereka mengawali turnamen dengan mengalahkan pasangan senegara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Chen Bo Yang/Guo Ruo Han (China), serta unggulan ketujuh Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia).

Sabar/Reza meraih tiket final sekaligus membalas kekalahan dari Leo/Bagas, setelah pertemuan terakhir mereka di babak 16 besar Japan Open pada Agustus lalu. Kala itu, Leo/Bagas menang 21-18, 21-16 dalam tempo 35 menit.

Inilah final ketiga bagi pasangan non-pelatnas tersebut, setelah menjuarai Spain Masters 2024 dan meraih gelar runner-up Orléans Masters 2024. Namun, upaya mereka untuk mencapai podium tertinggi Hong Kong Open 2024 itu gagal. Mereka gagal membalas kekalahan dari Kang/Seo saat kali pertama berjumpa di babak 32 besar Indonesia Open 2022.

"Setelah terakhir bertemu tahun 2022, sekarang mereka jauh lebih matang dan lebih cepat pukulannya. Baik saat menyerang maupun bertahan," demikian Sabar.