Hylo Open 2022 - Lima Wakil pada Sektor Tunggal Melaju ke 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Empat wakil Indonesia pada nomor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo, sukses mengemas kemenangan pada babak 32 besar Hylo Open 2022, Rabu (2/11). Begitu pula dengan Gregoria Mariskan Tunjung, satu-satunya wakil "Merah Putih" pada nomor tunggal putri, menang atas pebulu tangkis putri Belgia Lianne Tan dua gim langsung 21-15, 21-10 pada hari kedua turnamen level BWF World Tour Super 300 tersebut.

Vito, yang sejatinya akan berlaga di Saarlandhalle Saarbrücken, Saarbrücken, Jerman, menang tanpa harus bertanding atas Prannoy H. S.. Alasan di balik mundurnya wakil India tersebut belum diketahui khalayak, begitu pun Vito. "Saya tidak tahu kenapa lawan memutuskan walkover. Bagi saya, ya, bersyukur Alhamdulillah tanpa turun bertanding dan mengeluarkan keringat, saya bisa melaju ke babak selanjutnya," tutur atlet asal klub PB Djarum ini, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Rabu (2/11) malam WIB.

"Setelah hari ini tidak bertanding, ya saya sedikit diuntungkan karena bisa menghemat tenaga. Waktunya bisa digunakan untuk persiapan lagi untuk menghadapi pertandingan di babak selanjutnya," Vito, menambahkan.

Hal hampir serupa juga dialami unggulan keenam Jonatan Christie yang menang atas pemain India lainnya, Sameer Verma, yang memutuskan mundur dari pertandingan saat kedudukan 5-10 di gim pembuka.

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting membukukan kemenangan atas wakil Belgia, Nhat Nguyen. Unggulan kelima itu menang straight games 21-13, 21-10 dalam tempo 37 menit. "Pertama-tama, saya mengucap syukur bisa bermain dengan baik dan menyelesaikan match tanpa cedera," ujarnya.  

"Kunci kemenangan mungkin lebih menerapkan permainan agresif. Dengan lebih menekan. Di gim kedua, angkanya bisa terlampau jauh mungkin karena saya bisa lebih tenang. Selain itu saya juga sudah bisa membaca permainan lawan seperti apa dari gim pertamanya," Anthony, memaparkan.

Atlet asal klub SGS-PLN Bandung ini berharap, kemenangan atas Yang dapat meningkatkan motivasinya dalam menghadapi laga berikutnya. "Semoga saya bisa bermain lebih baik dan bisa memberikan yang maksimal di lapangan nanti," katanya.

Pemain tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo harus berjuang keras saat berhadapan dengan Brian Yang. Dalam pertandingan berdurasi 48 menit tersebut, Chico akhirnya menang rubber game 16-21, 21-18, 21-13 atas Yang asal Kanada.

Selain lima wakil Indonesia pada sektor tunggal, ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga berhasil menang pada babak 32 besar Hylo Open 2022. Rehan/Lisa menuntaskan revans atas pasangan tuan rumah unggulan ketiga Mark Lamsfuß/Isabel Lohau dalam pertemuan kedua pasangan itu.

Rehan/Lisa yang kalah dalam dua pertemuan terakhir melawan Lamsfuß/Lohau, akhirnya menang 21-17, 21-14 dalam pertandingan selama 36 menit untuk melaju ke babak kedua.