Indonesia Masters 2023 - Indonesia Loloskan Tiga Wakil ke Final

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Medan | Kemenangan ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani memastikan tuan rumah memiliki tiga wakil pada final turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Selain ganda putra berperingkat 49 dunia tersebut, ada Ester Nurumi Tri Wardoyo di nomor tunggal putri dan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Jepang mendominasi dengan meloloskan tiga wakil, Taiwan memiliki dua wakil, serta India dan Malaysia dengan masing-masing satu wakil.

Dalam laga semifinal yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9) petang, Sabar/Reza maju ke final seusai mengalahkan wakil Malaysia, Junaidi Arif/Roy King Yap, dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-19.

"Pencapaian kami di sini tidak mudah mengingat sejak awal kami mempersiapkan diri dengan matang. Bersyukur dengan hasil ini karena pengorbanan kami tidak sia-sia dengan beruntun melaju ke partai final. Harapannya semoga besok kami bisa juara," kata Reza usai pertandingan kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Lalu, Ester meraih tiket ke partai puncak turnamen BWF Tour Super 100 seusai menang melawan rekan satu negaranya, Komang Ayu Cahya Dewi lewat pertarungan rubber game 19-21, 21-15, 21-15.

Adapun untuk Lanny/Ribka, mereka menyusul ke final seusai menang atas wakil India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa, juga melalui pertarungan tiga gim 20-22, 21-16, 21-13. Dengan hasil ini, di partai puncak, Lanny/Ribka akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun.

Pada pertandingan sebelumnya, ganda putri berperingkat 36 dunia itu sukses mengatasi rekan satu negara, Sung Yu-Hsuan/Wang Szu-Min dengan skor 21-14, 21-18. "Menghadapi partai final, kami mau fokus dan ingin menikmati pertandingan. Sebisa mungkin kami harus bermain lebih siap lagi sejak awal laga mengingat laga final pastinya tidak mudah," demikian Ribka.

Berikut susunan pertandingan final Indonesia Masters 2023, Minggu (10/9):

  • Valeree Siow (Malaysia) vs. Akari Sato (Jepang))
  • Koo Takahashi (Jepang) vs. Kiran George (India)
  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (1) vs. Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan/2)
  • Chiu Pin-Chian (Taiwan) vs. Ester Nurumi Tri Wardoyo
  • Kakeru Kumagai/Kota Ogawa (Jepang) vs. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (4)