Indonesia Masters 2024 - Daniel Marthin: Gelar Juara untuk Ayah

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Selama beberapa saat, Daniel Marthin berusaha menahan emosinya. Ia gagal. Mata Daniel tetap berkaca-kaca saat hendak menaiki podium teratas Indonesia Masters 2024, Minggu (28/1) malam, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Selama beberapa pekan terakhir, atlet ganda putra Indonesia itu tampil dalam kondisi berduka setelah ayahnya meninggal pada akhir Desember 2023.

Jelang akhir Desember 2023, Daniel mendapat kabar duka saat ayahnya meninggal dunia. Petrus Sugiman, sang ayah, adalah inspirasi utama bagi Daniel. Pebulu tangkis kelahiran 31 Juli 2001 itu mempersembahkan gelar juara untuk sang ayah yang tahun lalu masih menemani Daniel bertanding dari pinggir lapangan.

"Untuk saya pribadi gelar juara di Indonesia Masters 2024 terasa emosional seusai beberapa waktu lalu ayah saya berpulang," kata Daniel melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Saya merasa, hal ini mukjizat dan saya mempersembahkan gelar juara ini untuk ayah saya yang di surga," Daniel, menambahkan.

Daniel dan partnernya, Leo Rolly Carnando, sukses mempertahankan gelar juara turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2024. Mereka menang atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark. Dalam laga final, pasangan berperingkat 11 dunia itu menang dengan skor 21-12, 20-22, 21-11 atas Astrup/Rasmussen.

Pada partai final turnamen level BWF World Tour Super 500 tersebut, Leo/Daniel mengaku termotivasi untuk bisa meraih gelar juara, mengingat didukung para pencinta bulu tangkis yang datang langsung ke Istora. Gemuruh penonton di Istora Senayan memberikan tambahan motivasi untuk juara Singapore Open 2022 itu untuk bisa meraih gelar juara.

"Bersyukur kami bisa memenangkan pertandingan di laga ini dengan meraih gelar juara turnamen Indonesia Masters 2024. Dukungan fan, keluarga, dan penonton yang hadir di Istora Senayan membuat kami termotivasi untuk bisa meraih gelar juara," ungkap Daniel.

Gelar juara Leo/Daniel terasa istimewa mengingat pencapaian tersebut membuat peraih medali emas SEA Games Hanoi 2021 itu meraih gelar juara secara beruntun. Pada edisi 2023 tercatat Leo/Daniel menjadi juara seusai menumbangkan wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dengan skor 21-17, 21-16.