Indonesia Masters 2024 Super 100 - Momentum Pembuktian Ubed

Moh. Zaki Ubaidillah (Humas PP PBSI)
Moh. Zaki Ubaidillah (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Pekanbaru | Moh. Zaki Ubaidillah membuat kejutan dengan meraih gelar juara tunggal putra Indonesia Masters 2024 Super 100. Bertanding di GOR Remaja Pekanbaru, Riau, Minggu (1/9), pemain kelahiran 26 Juni 2007 itu naik podium teratas setelah mengalahkan Alwi Farhan melalui straight games 21-16, 21-14.

Pada pertandingan ini, Ubed, sapaannya, mengaku bermain sabar saat menyerang pertahanan Alwi Farhan. Pemain tunggal putra berperingkat ke-219 dunia itu terlihat mampu meredam serangan juara BWF World Junior Championships 2023 itu, untuk akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 43 menit. "Pada pertandingan ini saya mencoba bermain dengan sabar dan tidak terburu-buru dalam bermain. Saya unggul di gim pertama karena menang angin," ujar Ubed kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Saat kalah angin, saya mencoba tetap tenang untuk tidak membuat kesalahan sendiri. Bersyukur bisa diberikan kemenangan dan akhirnya meraih gelar juara," Ubed, menambahkan.

Perjuangan pemain klub PB Djarum itu sejatinya tidak mudah, mengingat ia mesti mengawali turnamen dari babak kualifikasi. Di babak kualifikasi, kemenangan diraih juara Pembangunan Jaya Raya Junior International Challenge 2022 itu saat berjumpa wakil Malaysia, Chua Kim Sheng, dengan skor 21-12, 21-16.

Hasil tersebut membuat Ubed berhadapan dengan wakil India, Raghu Mariswamy, di babak 64 besar dan mampu meraih kemenangan dengan skor 16-21, 23-21, 21-9. Masuk babak 32 besar, pemain asal Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo, dikalahkan oleh Ubed dengan skor 21-17, 21-19.

Hasil tersebut membuat pemain asal Sampang, Madura, itu, menghadapi tunggal putra India, Saneeth Dayanand, di babak 16 besar. Ubed meraih kemenangan dengan skor 21-11, 21-9.

Di perempat final, langkah Ubed terus berlanjut seusai mengalahkan seniornya, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, lewat pertarungan ketat 12-21, 21-10, 21-14.

Hasil tersebut membuat Ubed percaya diri saat berhadapan dengan Yohanes Saut Marcellyno di semifinal. Ia mampu mengalahkan juara Indonesia Internaional Challenge di Pekan baru tersebut melaului dua gim 21-17, 22-20.

Raihan tersebut merupakan buah kerja keras dari rangkaian latihan yang dijalani Ubed serta dukungan kedua orang tuanya. "Pertama-tama saya mengucap syukur Alhamdulillah meraih kemenangan di laga ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya yang memberikan dukungan saya dari kecil kepada saya. Mereka juga terus memberikan dukungan buat saya," ujarnya.

Pencapaian titel kampiun Indonesia Masters 2024 Super 100 memberikan Ubed kepercayaan diri dalam menghadapi turnamen BWF World Junior Championships 2024 di Nanchang, China, akhir September mendatang. "Semoga gelar juara ini bisa membuat saya meraih prestasi yang lebih baik lagi. Utamanya nanti pada ajang BWF World Junior Championships 2024," pungkasnya.