Japan Open 2023 - Axelsen dan Jojo, Siapakah yang Berpeluang Juara?

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jonatan Christie kembali bertemu Viktor Axelsen. Semifinal India Open 2023 pada akhir Januari lalu menjadi perjumpaan terakhir mereka. Pebulu tangkis jangkung itu telah mengantongi tujuh kemenangan dalam sembilan kali pertemuan dengan Jonatan. Kini, pada pertemuan kesepuluh, Jonatan, pemain berperingkat sembilan dunia, akan menantang Axelsen yang masih berstatus pemain nomor satu dunia, dalam perebutan titel kampiun Japan Open 2023.

Di semifinal turnamen level BWF World Tour Super 750 tersebut, Sabtu (29/7), pemain yang karib disapa Jojo ini menang atas Lakshya Sen melalui rubber game 21-15, 13-21, 21-16 dalam tempo 68 menit. Sementara, Axelsen menang atas wakil tuan rumah Kodai Naraoka dengan skor identik 21-11, 21-11.

"Final kedua saya di Japan Open setelah tahun 2019 dan saya senang pastinya. Terlebih karena saya bisa mengambil poin lebih banyak di sini setelah beberapa turnamen tidak cukup bagus," kata Jojo kepada tim Humas dan Media PP PBSI, usai pertandingan yang digelar di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo itu.

Namun, terkait laga di partai puncak melawan Axelsen, Jojo hanya berujar, "Untuk final, belum berpikir ke sana."

Jojo menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final Japan Open 2023, setelah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, kalah di babak empat besar.

Rangkaian final berlangsung pada Minggu (30/7). Tuan rumah Jepang, Korea Selatan, dan China, masing-masing meloloskan dua wakilnya. Sementara, Denmark, Taiwan, Thailand, serta Indonesia, masing-masing menempatkan satu wakil.

Berikut susunan pertandingan final yang dimulai pada pukul 11:00 waktu setempat:

Ganda Putri
Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs. Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan/4)

Ganda Putra
Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) vs. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang/5)

Tunggal Putri
He Bing Jiao (China/5) vs. An Se Young (Korea Selatan/2)

Ganda Campuran
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/3) vs. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/2)

Tunggal Putra
Viktor Axelsen (Denmark/1) vs. Jonatan Christie (5)