(Jelang Olimpiade Rio 2016) Carsten Mogensen Jalani Pemulihan Pasca Operasi Otak

Internasional ‐ Created by RYN

Pasca operasi otak, kondisi Carsten Mogensen saat ini dinyatakan sudah membaik. Meskipun masih harus menjalani pemulihan, pemain asal Denmark itu terlihat bersemangat untuk bangkit menyambut Olimpiade Rio 2016, seperti yang diungkapkan pasangan Mathias Boe, pasangan Mogensen di ganda putra.

"Baru saja selesai melakukan telepon singkat dengan Carsten. Ia berada dalam kondisi yang jauh lebih baik sekarang. Rencananya, dia akan kembali ke rumah akhir pekan ini. Ia tampak positif dan siap bertarung untuk Olimpiade,” tulis Boe di Facebook.

Mogensen pun terpaksa absen dalam turnamen terdekat, All England 2016, dimana ia dan Boe merupakan pemegang gelar juara ganda putra tahun lalu. Kondisi ini membuat poin mereka menuju Olimpiade Rio berkurang cukup banyak.

Sebagai juara bertahan, pasangan yang saat ini menduduki peringkat tiga dunia itu harus menjadi juara apabila ingin mempertahankan 11.000 poin yang mereka kumpulkan saat ini dalam sistem penghitungan poin kualifikasi Olimpiade BWF. Jika tidak, poin tersebut akan berkurang sesuai tahapan turnamen yang mereka jalani di All England.

Saat ini, Mogensen dikabarkan telah kembali ke Denmark usai menjalani operasi di Rusia dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Nasional Østerbro. Ia akan dimonitor oleh dokter untuk mengecek kondisi dan menjalani pengobatan tingkat lanjut. Selain itu, tim dokter juga akan merancang rencana rehabilitasi khusus agar proses pemulihannya semakin cepat, seperti yang dilansir dari badmintonplanet.com.

Boe sendiri telah memastikan akan berpasangan dengan Cai Yun asal Tiongkok untuk turun di Turnamen Malaysia Superseries Premiere, April mendatang. Namun, apabila Mogensen dapat pulih tepat waktu dan mampu bermain kembali, Boe siap berpasangan kembali dengan Mogensen di Olimpiade Rio, Agustus nanti.

Mathias Boe/Carsten Mogensen

"Saya akan bermain dengan Carsten di Olimpiade dengan catatan kondisi tubuhnya baik dan kami memiliki peluang meraih medali. Sekarang ini, yang penting adalah Carsten bisa hidup dengan normal dan sehat," papar Boe yang sudah berpasangan dengan Mogensen selama 10 tahun.

Sebelumnya, Mogensen dikabarkan mengalami pecah pembuluh darah di otak sebelah kanan akibat aneurisma (penggembungan pembuluh darah). Ia dilarikan ke rumah sakit usai memperkuat tim Denmark mengalahkan Turki pada kejuaraan bulutangkis beregu Eropa di Kazan, Rusia, 18 Februari lalu.

"Carsten mengalami sakit kepala luar biasa di bagian kanan kepalanya dan pingsan di ruangan saya," ungkap Boe.