Lee Zii Jia Berambisi Masuk Jajaran Lima Besar Dunia

Selebrasi kemenangan Lee Zii Jia (Malaysia).
Selebrasi kemenangan Lee Zii Jia (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setelah sukses merebut gelar juara di ajang All England 2021 BWF World Tour Super 1000, Maret lalu, pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia semakin termotivasi untuk meningkatkan standar level permainannya. Tidak lantas puas usai menduduki ranking delapan dunia, Zii Jia justru kian berambisi untuk berada di jajaran lima besar tunggal putra dunia. Meski begitu, Zii Jia menyadari betul bahwa dia harus lebih bersabar dan menunggu momen yang tepat untuk mematahkan dominasi lima besar dunia.

“Itu tujuan saya untuk masuk ke lima besar dunia. Saya berharap dapat mencapainya tahun depan, atau 2023. Saat ini saya tidak sedang terburu-buru. Sulit menjadikannya target jangka pendek karena ketidakpastian jadwal turnamen akibat Covid-19. Kami juga tidak dapat memastikan apakah ada pembatalan turnamen lebih lanjut di bulan-bulan mendatang,” ungkap Lee Zii Jia sebagaimana dilansir The Star.

Tahun ini, Zii Jia akan mewakili tunggal putra Malaysia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Tentu, dia juga berharap bisa meraih hasil maksimal pada pesta olahraga terbesar dunia empat tahunan itu. Terlepas dari harapan besar di panggung Olimpiade, pebulutangkis 23 tahun itu juga rupanya mematok target medali emas di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, akhir tahun mendatang.

Zii Jia punya keinginan besar untuk memertahankan medali emas. Sebab, jika dia menang lagi secara beruntun, Zii Jia akan menjadi pebulutangkis tunggal putra Malaysia pertama yang meraih prestasi tersebut.

“Jika diberi kesempatan, saya ingin sekali bermain di SEA Games akhir tahun ini dan mempertahankan emas saya. Itu salah satu target saya tahun ini. Tapi jelas keputusan ada di tangan para pelatih. Saya hanya akan mengikuti rencana yang mereka miliki untuk saya,” katanya.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) dikabarkan telah mengumumkan keputusan mereka terkait pengiriman skuad pelapis untuk SEA Games 2021 Hanoi. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya perubahan.

SEA Games 2021 Hanoi dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember mendatang. Sayangnya, ajang tersebut akan berbenturan dengan pelaksanaan Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol pada 29 November hingga 5 Desember 2021.