Mulai Dari Nol, BAM Tidak Bebani Lee Zii Jia Dengan Target Besar di Swiss

Tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia.
Tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Berkaca pada hasil minor yang didapat Lee Zii Jia pada dua turnamen Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Januari lalu, Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) lantas menuturkan bahwa pihaknya tidak akan membebani pemainnya itu dengan target besar saat berlaga di ajang Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, pekan ini. Menanggapi penurunan performa Zii Jia, BAM pun memilih bersikap bijak.

Pada turnamen kali ini, BAM hanya meminta tunggal putra nomor satunya itu untuk bisa memulai kembali dari nol. “Lee Zii Jia harus memulai dari awal lagi untuk mendapatkan posisinya. Jadi, sekarang target dia adalah satu laga ke laga berikutnya,” kata Direktur Kepelatihan BAM, Wong Choong Hann dilansir bolaSport.com dari The Star.

Lee Zii Jia akan melakoni laga perdananya di ajang Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300 dengan menghadapi wakil Rusia, Sergey Sirant. Zii Jia yang berstatus unggulan kedua turnamen jelas lebih diunggulkan ketimbang Sirant yang saat ini masih menempati peringkat 72 dunia. Apalagi, Zii Jia pernah sekali mengalahkan Sirant saat bentrok di kejuaraan Piala Thomas 2018 lalu. Saat itu, Zii Jia menang dengan skor 21-13 dan 21-16.

Sementara itu, sikap berbeda justeru diterapkan BAM terhadap ganda putra nomor satu mereka, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. BAM berharap besar jika Aaron/Soh bisa mendapatkan gelar juara di turnamen ini. Terlebih, pasangan nomor satu Malaysia itu datang dengan status unggulan pertama.

“Beberapa pemain kami sudah berada dalam posisi aman pada kualifikasi Olimpiade, saya berharap mereka bisa menampilkan permainan sesuai dengan predikat itu,” tegasnya.