Olimpiade Paris 2024 - Siapakah "Sparring Partner" Baru Tunggal Putra dan Putri?

Alvi Wijaya Chairullah (Humas PP PBSI)
Alvi Wijaya Chairullah (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pada akhir Juni 2024, pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia Herli Djaenudin menyatakan, Gregoria Mariska Tunjung mendapatkan sparring partner yang lebih kuat selama menjalani training camp di Prancis, sebelum berlaga pada Olimpiade Paris 2024. Tunggal putri andalan Indonesia itu akan berlatih dengan dua pemain tunggal putra, Alvi Wijaya Chairullah dan Prahdiska Bagas Shujiwo. Namun, beberapa pekan sebelum ajang olahraga internasional empat tahunan itu, Alvi terdegradasi dan dipulangkan ke klub asalnya.

Pada Selasa (9/7) petang, PP PBSI merilis pernyataan bertajuk "Degradasi dan Pemulangan Atlet Pelatnas PBSI Masa Percobaan Tiga Kejuaraan Internasional. Informasi" tersebut diunggah melalui jejaring sosial induk organisasi olahraga pukul bulu tersebut.

"Setelah melalui hasil penilaian dan evaluasi, PP PBSI memulangkan atlet atas nama Iqbal Diaz Syahputra, Bodhi Ratana Teja Gotama, Alvi Wijaya Chairullah, Stephanie Widjaja, Tasya Farahnailah, dan Ridya Aulia Fatasya, untuk kembali berlatih di Perkumpulannya (PB) masing-masing," tulis PP PBSI melalui @INABadminton di jejaring sosial X (dulu Twitter).

Setelah hasil penilaian dan evaluasi tersebut, PP PBSI kemudian mengeluarkan Surat Keputusan PP PBSI Nomor: SKEP/019lL.3|VUZA24 Tentang Degradasi dan Pemulangan Atlet Pelatnas PBSI Kategori Masa Percobaan 3 (tiga) Kejuaraan Internasional.

"PBSI mengucapkan terima kasih kepeda PB Exist, PB Djarum, PB Jaya Raya, dan PB Mutiara, dan khususnya kepada para atlet atas dedikasinya dan perjuangannya selama ini," tulis PP PBSI.

Pada media Juni lalu, pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia memilih Chico Aura Dwi Wardoyo dan Alvi untuk berlatih bersama dua pemain tunggal putra Indonesia di Paris 2024, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Chico dipilih karena menjadi tunggal putra terbaik ketiga Indonesia di bawah Jonatan dan Anthony, sementara Alvi karena bermain menggunakan tangan kiri. "Ini dibutuhkan sebagai adaptasi bagi Jonatan dan Anthony ketika harus melawan atlet yang bermain dengan lengan kiri," laman berita Kompas mewartakan pada Kamis (13/6).

Pascapengumuman degradasi dan pemulangan terhadap enam atlet tersebut, PP PBSI belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Alvi selaku sparring partner bagi Jonatan, Anthony, dan Gregoria.

Menurut rencana, tim bulu tangkis "Merah Putih" akan bertolak ke Prancis pada 13 Juli dan langsung menjalani training camp di Chambly, kota yang berjarak sekitar 40 km di utara Paris. Sementara, persaingan bulu tangkis berlangsung pada 27 Juli-5 Agustus di Adidas Arena, Paris.