Singapore Open 2024 - Tekad Jorji Menjaga Peringkat

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Singapura | Tunggal putri andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung bertekad menjaga peringkatnya tidak keluar dari delapan terbaik. Oleh karena itu, pemain yang biasa disapa Jorji ini siap memberikan performa maksimal pada turnamen level BWF World Tour Super 750 Singapore Open 2024 pada pekan ini. Kondisi fisik dan mental Jorji diyakini cukup baik, selepas tampil pada Thailand Open 2024.

"Kalau dari segi fisik Gregoria tidak ada masalah, kondisi mental juga sudah siap bertanding," ucap pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herli Djaenudin, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Senin (27/5) siang WIB.

"Di satu minggu persiapan kemarin, kami hanya menjaga agar tidak sakit atau cedera. Latihan-latihan yang bersifat maintenance," Herli, menambahkan.

Di babak 32 besar, Jorji berhadapan dengan Wen Chi Hsu asal Taiwan dan berpeluang menantang An Se Young (Korea Selatan) di babak berikutnya. "Saya berharap di turnamen ini Gregoria bisa mengeksplorasi kemampuannya, mengeluarkan seluruh kebagusannya. Semangat jangan mau kalah," ujarnya.

"Target setiap pertandingan pasti ada tapi yang terpenting adalah bagaimana bermain dengan maksimal. Untuk kali ini Gregoria harus bisa masuk ke semifinal untuk bisa mendapatkan poin tambahan. Kami ingin mengamankan dia tidak keluar dari peringkat delapan terbaik, saat ini peringkatnya memang di sembilan tapi ada empat tunggal putri China di atas," papar Herli.

Selain Jorji, kondisi fisik para pemain lain juga dalam kondisi yang prima. "Kondisi fisik anak-anak prima sejak berangkat dari Jakarta. Semua sudah dipersiapkan dengan sangat baik," kata pelatih fisik pelatnas bulu tangkis Indonesia, Yansen Alpine.

"Saya dan Jae (Ahmad Jaelani) sebagai pelatih fisik terus memantau dan mendampingi proses pemanasan mereka. Penting melakukan pemanasan yang baik dan cukup, karena selain untuk menghindari cedera, hal ini akan membantu para pemain bertanding dengan optimal," Yansen, menjelaskan.

Tim bulu tangkis Indonesia telah menjalani latihan pertama pada Senin (27/5) siang di arena latihan OCBC Arena. Selanjutnya, Jonatan Christie dan kawan-kawan akan menjajal lapangan pertandingan Singapore Indoor Stadium pada sore hari.

Berikut daftar pemain Indonesia yang berlaga pada Singapore Open 2024, 28 Mei-2 Juni:

Tunggal Putra
Jonatan Christie
Anthony Sinisuka Ginting
Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani

Ganda Putri
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Ganda Campuran
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja