Spain Masters 2023 - Manfaatkan Kesalahan Lawan

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Gregoria Mariska Tunjung mengakui, bermain sabar dan meminimalkan kesalahan sendiri, terlebih di "angka-angka tua" pada gim penentu, menjadi kunci kemenangannya atas Kim Ga Eun dari Korea Selatan. Tunggal putri andalan Indonesia itu melaju ke babak delapan besar Spain Masters 2023 dan bertemu pebulu tangkis Denmark, Line Christophersen, di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, Jumat (31/3).

Gregoria, pemain unggulan kelima pada turnamen level BWF World Tour Super 300 ini, berupaya bermain sabar dan mencoba mengontrol permainan di pengujung gim penentu. Alhasil, ia menang rubber game 12-21, 21-14, 23-21 dalam tempo 57 menit.

"Di gim pertama, saya merasa main saya tidak seperti yang diharapkan. Tapi di gim kedua bisa menang dan gim ketiga bisa membalikkan keadaan walau sempat tertinggal," tutur atlet kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah ini, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Kamis (30/3).

"Di gim ketiga poin-poin kritis, saya coba untuk tidak menggebu-gebu karena saya takut melakukan kesalahan sendiri. Jadi, mainnya harus safe. Beruntung, beberapa poin saya dapat dari kesalahan lawan dan bisa memanfaatkan itu untuk meraih kemenangan," Gregoria, menambahkan.

Secara umum, pebulu tangkis asal klub Mutiara Cardinal Bandung ini berpendapat, pertemuan kelimanya dengan Kim selalu diliputi rasa tegang. Di seberang net, menurutnya, Kim menerapkan taktik yang tepat meski akhirnya gagal meraih kemenangan perdananya. "Menegangkan! Lawan sebetulnya menerapkan strategi yang tepat dengan berani menyerang duluan dan membatasi serangan saya," tuturnya.

Laga di perempat final Spain Masters 2023 antara Gregoria dan Christophersen tercatat sebagai pertemuan kedua bagi kedua pemain. Mereka pernah saling berhadapan di babak 32 besar India Open 2023 pada pertengahan Januari lalu. Gregoria menang straight games 21-17, 21-19 dalam tempo 42 menit.