Thomas Cup 2024 - Perburuan Juara Grup Bakal Sengit

Irwansyah & Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Irwansyah & Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by

Jakarta | Laga terakhir Grup C antara Indonesia dan India, Rabu (1/5), diprediksi bakal berlangsung ketat. Pertandingan yang berlangsung di Hi Tech Zone Sports Centre, Chengdu, Shichuan, China, tersebut, bisa dikatakan sebagai ulangan final Pala Thomas 2022. Kala itu, India menang 3-0 dengan pemain-pemain yang sama seperti yang tampil di Chengdu pada Piala Thomas 2024.

"Menurut saya, akan menjadi laga-laga yang ketat dan menarik," kata pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Irwansyah, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Selasa (30/4) siang WIB.

Di laga pembuka grup, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan meraih kemenangan sempurna 5-0 atas Inggris. Berikutnya, mereka menang 4-1 atas Thailand. Untuk laga terakhir, India, di atas kertas memiliki materi yang lebih kuat jika dibandingkan dengan Inggris atau Thailand. Di sektor tunggal masih diperkuat pemain-pemain yang membela India pada Piala Thomas 2022, seperti HS Prannoy, Kidambi Srikanth, atau Lakhsya Sen.

Secara umum Irwansyah mengungkapkan, skuad tunggal Indonesia telah memiliki kesiapan yang bagus menjelang laga terakhir fase penyisihan tersebut. "Siapa saja yang diturunkan, sudah siap dan pastinya kami akan menurunkan kekuatan terbaik," ujarnya.

"Saya menyiapkan para pemain untuk siap untuk melawan siapa saja. Jadi siappun yang diturunkan di sana, mau Prannoy, Lakshya Sen, Srikanth, atau siapa pun lainnya, yang terpenting kaminya siap," Irwansyah, menambahkan.

Sehari sebelum laga tersebut, tim tunggal Indonesia menggelar sesi latihan spesifik seputar laju kok yang digunakan dalam kejuaraan beregu ini. "Saya memantapkan lagi cara bermain dengan karakter shuttlecock yang agak berbeda di sini. Karena untuk permainan lawan, kurang lebih sudah ada gambaran," demikian Irwansyah.