Uber Cup 2024 - "Rasa Syukur, Luar Biasa!"

Skuad Indonesia pada Piala Uber 2024 (Humas PP PBSI)
Skuad Indonesia pada Piala Uber 2024 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia sedang dalam performa positif dan moral yang tinggi seusai menyingkirkan Korea Selatan dengan skor 3-2 di babak empat besar Piala Uber 2024. Tim juara bertahan itu merupakan satu dari tiga kekuatan utama beregu putri selain China dan Jepang, yang juga lolos ke semifinal edisi tahun ini. Untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir, Indonesia kembali menjejakkan kaki di atas arena final Piala Uber.

"Rasa syukur yang luar biasa! Apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan para atlet yang benar-benar mengeluarkan segala kemampuan. Walaupun ada ketegangan, tapi mereka bisa mengatasi," kata manajer tim Indonesia, Ricky Soebagdja, melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI, Sabtu (4/5) siang WIB.

"Ini modal untuk semua bahwa secara kemampuan mereka ada dan bisa. Secara keseluruhan penampilan tadi tidak mudah, di mana poin yang harus ambil," Ricky, menambahkan.

Tiga poin kemenangan tim "Merah Putih" diraih melalui tiga pemain tunggal, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta Komang Ayu Cahya Dewi. Sementara, Korea Selatan dua kali berhasil menyamakan kedudukan melalui ganda-ganda mereka, yakni Baek Ha Na/Lee So Hee dan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong.

"Untuk masuk semifinal tidak mudah, lalu berhasil melewatinya. Lawan Korea, sebelumnya kami diskusi tentang susunan pemain, ternyata andalan mereka An Se Young tidak turun. Ini harus dimanfaatkan oleh Gregoria, tidak boleh lepas. Dari situ ada harapan walau memang ganda-gandanya juga kuat. Dan ternyata, tunggal-tunggal kita bisa menanggung beban dan menyelesaikan dengan baik," papar Ricky.

"Ini bukti kalau mereka bisa setelah selama ini dipandang pesimis," tegasnya.

"Terima kasih para pemain, pelatih dan tim pendukung. Kekompakan dan kesolidan yang sangat terasa, saling dukung tidak pernah putus," puji mantan atlet bulu tangkis nasional ini.

Di final, Minggu (5/5), Indonesia akan menantang tim tuan rumah China, yang meraih tiket ke partai puncak setelah memenangi laga melawan Jepang. Mereka menyapu bersih kemenangan 3-0 atas tim negeri sakura itu.

Berikut hasil semifinal Piala Uber 2024 antara Indonesia dan Korea Selatan:

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Sim Yu Jin 21-15, 21-13
  • Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Baek Ha Na/Lee So Hee 6-21, 18-21
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo vs. Kim Ga Ram 20-22, 21-16, 21-12
  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs. Jeong Na Eun/Kong Hee Yong 15-21, 14-21
  • Komang Ayu Cahya Dewi vs. Kim Min Sun 17-21, 21-16, 21-19