US Open 2024 - Tarian Terakhir Beiwen Zhang

Beiwen Zhang (Djarum Badminton)
Beiwen Zhang (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pekan ini, Beiwen Zhang untuk kali pertama akan berlaga pada turnamen US Open yang digelar di Fort Worth Convention Center, Fort Worth, Texas, Amerika Serikat (AS), setelah enam tahun absen. Juara pada edisi 2014 --kala itu US Open Grand Prix Gold-- tersebut akan bertemu dengan pemain Jepang berusia 21 tahun, Manami Suizu, di babak pertama US Open 2024.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Selasa (25/6), melalui lamannya menyebutkan, pebulu tangkis berusia 33 tahun ini terakhir kali berkompetisi di kandangnya sendiri pada 2018. Ketika itu, ia kalah di final dari legenda tunggal putri China, Li Xuerui.

"Ini akan menjadi US Open terakhir bagi Beiwen karena ia menyampaikan rencananya untuk pensiun setelah Olimpiade Paris 2024," tulis BWF.

Zhang adalah pemain bulu tangkis spesialis tunggal putri AS kelahiran China. Ia pindah ke Singapura saat berumur 13 tahun pada 2003 dan sempat memperkuat tim nasional Singapura hingga 2012. Bahkan, pada 2007 Zhang mengambil kewarganegaraan Singapura. Namun, pada 2011, kontraknya dengan Asosiasi Bulu Tangkis Singapura tidak diperpanjang, dan memutuskan hijrah ke AS dan bermukim di Las Vegas, Nevada, bersama orang tuanya.

Pada 2021, Zhang berkompetisi di Pan Am perdananya dan laangsung meraih gelar juara tunggal putri setelah mengalahkan Rachel Chan dari Kanada. Pada Maret tahun yang sama, ia menjadi warga negara AS yang dinaturalisasi.

Ia kemudian berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020. Namun, perjuangannya untuk meraih medali terhenti ketika ia mengalami cedera achilles saat berhadapan dengan He Bing Jiao dari China di babak 16 besar.