Satu Gelar Juara dan Empat Titel Runner-up dari Eropa

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet tunggal putra Jonatan Christie menjadi satu-satunya peraih gelar juara dalam lawatan skuad bulu tangkis Indonesia ke Eropa pada medio Oktober hingga awal November 2023. Sementara, tim "Merah Putih" menyabet titel runner-up dari tiga turnamen lainnya melalui sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kendala mental dinilai masih melanda para pemain dalam meraih gelar juara.

Hal tersebut diungkapkan pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Aryono Miranat. Terlalu percaya diri membuat permainan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri terkadang tidak konsisten dan terlalu cepat dalam mengeksekusi serangan. "Kemarin itu sebenarnya mereka main bagus, hanya mungkin terlalu percaya diri," jelasnya kepada wartawan di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, pada pekan lalu.

"Setelah itu, mungkin cepat puas juga terus tekanannya tinggi," Aryono menambahkan.

Bagas/Fikri, yang tampil pada dua turnamen BWF World Tour level Super 750, yaitu Denmark Open 2023 dan French Open 2023 berhasil mencapai partai puncak. Namun, mereka harus puas sebagai pemenang kedua seusai kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia pada final Denmark Open 2023 dengan skor akhir 13-21, 17-21.

Kemudian pada final French Open 2023, Bagas/Fikri kembali naik ke podium runner-up setelah ditundukkan ganda putra Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, lewat rubber game 14-21, 21-10, 18-21.

Sementara, ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus puas dengan posisi runner-up Hylo Open 2023. Dalam laga final di Saarlandhalle, Saarbrücken, Jerman, Minggu (5/11), pasangan berperingkat 19 dunia itu kalah tiga gim 21-15, 15-21, 14-21 dari Tang Chun Man/Tse Ying Suet asal Hong Kong, seusai bertarung selama 57 menit.

Rehan/Lisa gagal mempertahankan titel kampiun turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut. Meski demikian, Rehan menilai pencapaian mereka kali ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri, mengingat ini adalah pertama kali mereka kembali masuk ke babak final setelah sekian lama. "Pastinya hasil bisa ke final ini membuat rasa percaya diri kami naik lagi, ya. Apalagi di beberapa turnamen sebelumnya hasilnya kurang bagus," katanya.

"Alhamdulillah, di Hylo Open kami bisa naik podium lagi dan ke depan harus tambah yakin lagi. Selain itu, kami juga ingin membuktikan bahwa kami bisa," Rehan, menambahkan.

Pemain ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu, mengalami cedera betis kaki kanan yang membuat ia dan pasangannya, Siti Fadia Silva Ramadhanti, mundur di tengah pertandingan final Hylo Open 2023. Menurut kepala pelatih ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Eng Hian, cedera tersebut terjadi  di awal set kedua, memaksa Apri/Fadia untuk menyerah saat menghadapi Zhang Shu Xian/Zheng Yu asal China.

Pada turnamen Arctic Open 2023, Indonesia nirgelar. Dari turnamen pembuka lawatan Eropa ini, pencapaian terbaik ditorehkan ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka kandas di semifinal setelah ditundukkan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 19-21, 12-21 dalam tempo 33 menit, di Vantaa Energia Arena, Vantaa, Finlandia.