Kapolri Cup 2024 - PB Djarum Dominasi Podium Juara

Laga final ganda taruna putra pada Kapolri Cup 2024 (Djarum Badminton)
Laga final ganda taruna putra pada Kapolri Cup 2024 (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kapolri Cup Badminton Championship 2024 berakhir pada Sabtu (27/7) petang WIB. Pada kejuaraan yang digelar di kawasan Jakarta Timur ini, para wakil PB Djarum meraih tujuh gelar juara pada kategori pemula, remaja, dan taruna. Mutiara Cardinal dan Jaya Raya sama-sama mengoleksi tiga gelar, sementara Exist Badminton Club memperoleh dua gelar.

Tujuh gelar juara bagi para pebulu tangkis PB Djarum diraih oleh para wakil di sektor ganda. Klub asal Kota Kudus, Jawa Tengah ini, menjuarai kategori Ganda Pemula Putra, Ganda Remaja Putra, Ganda Remaja Putri, Ganda Remaja Campuran, Ganda Taruna Putra, Ganda Taruna Putri, dan Ganda Taruna Campuran.

Hasil positif diraih Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan dan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana di nomor ganda putra dan ganda campuran. Dua pasangan PB Djarum yang memperkuat Indonesia pada Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 tersebut, sukses naik podium teratas pada Kapolri Cup 2024.

Inilah gelar juara kedua yang diraih secara beruntun oleh Darren/Bernadine dalam tiga partai final berturut-turut. Sebelumnya, Darren/Bernadine berhasil naik podium teratas Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024. "Puji Tuhan, pasti senang kita bisa konsisten masuk final. Tapi kita nggak boleh cepat puas karena ke depannya masih banyak pertandingan," kata Darren kepada Djarum Badminton, Jumat (26/7).

"Kita harus latihan lebih kencang, karena kita pengin juara," demikian Bernadine, yang bersama Darren mencapai prestasi runner-up BAJC 2024.

Anselmus/Pulung berharap pencapaian pada Kapolri Cup 2024 semakin menambah rasa percaya diri mereka. Terlebih pada ajang BWF World Junior Championships 2024, keduanya kembali dipercaya dan ingin memberikan pembuktian bahwa layak memperkuat tim beregu Indonesia di ajang internasional. "Gelar juara di turnamen Kapolri Cup Badminton Championship 2024 membuat kepercayaan diri kami meningkat menjelang tampil di BWF World Junior Championships 2024," kata Pulung melalui siaran pers Humas PP PBSI, Sabtu (27/7)

"Kami tentu ingin memberikan pembuktian bahwa kami layak dipanggil memperkuat Indonesia," demikian Pulung.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Kapolri Cup 2024 Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, penyelenggaraan kejuaraan ini berjalan dengan lancar. Ajang ini diikuti 480 peserta untuk kategori U-15, U-17, dan U-19. Sementara untuk kategori Polri, 64 regu yang berasal dari Polda, Satker Mabes Polri, dan jajaran turut serta.

"Hari ini pertandingan Kapolri Cup Badminton Championships 2024 selesai dan berjalan dengan lancar. Ajang ini merupakan kolaborasi Polri dengan PBSI. Semoga dari ajang ini muncul talenta muda serta memajukkan industri olahraga yang ada di Indonesia," ujar Argo.

Berikut daftar pemenang Kapolri Cup 2024:

Tunggal Pemula Putra
Kevin Maulana Pattirane (7/Mutiara Cardinal Bandung)

Tunggal Pemula Putri
Riska Melani Putri (Exist Badminton Club)

Ganda Pemula Putra
Adhwin Arling Rangga/Rhama Madsuba Praduwartha (PB Djarum/3)

Ganda Pemula Putri
Afizzah Rahmadhani/Aura Nadin Gunawan (Jaya Raya)

Ganda Pemula Campuran
Muhammad Zilazik Artando Zakaria/Aura Nadin Gunawan (Jaya Raya/5)

Tunggal Remaja Putra
Fardhan Rainanda Joe (Exist Badminton Club)

Tunggal Remaja Putri
Mayla Cahya Afilian Pratiwi (Mutiara Cardinal Bandung/3)

Ganda Remaja Putra
Anju Siahaan/Faizal Pangestu (PB Djarum/2)

Ganda Remaja Putri
Atresia Naufa Candani/Aurelia Syakira Putri (PB Djarum/1)

Ganda Remaja Campuran
Muhammad Lutfhi Habibi/Jane Maira Faiza (PB Djarum/2)

Tunggal Taruna Putra
Dendi Triansyah (Mutiara Cardinal Bandung)

Tunggal Taruna Putri
Thalita Ramadhani Wiryawan (Jaya Raya/1)

Ganda Taruna Putra
Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan (PB Djarum/3)

Ganda Taruna Putri
Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (PB Djarum/1)

Ganda Taruna Campuran
Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (PB Djarum/8)