Polytron Superliga Junior 2024 - Siapa Paling Berpeluang Merebut Piala Yuni Kartika?

Kayla Arsya Medina (Djarum Badminton)
Kayla Arsya Medina (Djarum Badminton)
Superliga Junior ‐ Created by EL

Jakarta | Final POLYTRON Superliga Junior 2024 kategori U17 Putri mempertemukan Mutiara Cardinal dengan PB Djarum pada Sabtu (17/8) di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah. Kedua klub harus melalui sejumlah partai ketat untuk merebut tiket final kejuaraan beregu dengan format Piala Thomas dan Uber tersebut.

Mutiara Cardinal menjadi tim pertama yang melaju ke partai puncak setelah mengalahkan tim Djarum B dengan skor akhir 3-1. Klub asal Bandung tersebut meraih poin pertama melalui pemain tunggal Kayla Arsya Medina, yang menang dua gim langsung 21-17, 21-11 atas Hani Miftasari dalam tempo 37 menit.

Namun, Djarum B mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat kemenangan Frisca Adelia Arifah atas Keira Putri Indriyan. Pebulu tangkis kidal tersebut memenangi drama tiga gim dengan skor 21-15, 21-23, 21-5 dalam pertandingan berdurasi 70 menit.

Mayla Cahya Afiilian Pratiwi, pemin tunggal Mutiara Cardinal yang belum kehilangan satu gim pun sepanjang kejuaraan, sukses mengatasi perlawanan Victoria Grace Matriksa. Mayla membutuhkan waktu selama 41 menit untuk meraih kemenangan dengan skor identik 21-14, 21-14.

Ganda Mutiara Cardinal, Kanaya Putri Juanda Utami/Kayla Arsya Medina menjadi penentu kemenangan sekaligus memastikan satu tempat di final, setelah memenangi laga tiga gim atas Dian Ramadhani Mukti/Syalma Nurwijaya Kusuma. Mereka menang 23-25, 21-15, 21-15 dalam tempo 71 menit.

Sementara, Djarum A menang atas Jaya Raya dalam pertandingan semifinal yang berakhir dengan skor 3-1. Pemain tunggal pertama Djarum A, Jolin Angelia, membuka kemenangan pertama setelah meredam perlawanan Miftaqul Putri Ayudis. Atlet bulu tangkis asal Medan itu menang tiga gim 22-24, 21-13, 21-17 dalam laga berdurasi 77 menit.

Di laga berikutnya, Afina Musa Putri/Nur Aliah Rahma mampu membalikkan kedudukan sementara menjadi sama kuat 1-1 berkat kemenangan atas Atresia Naufa Candani/Aurelia Syakira Putri. Laga ini berakhir dengan skor 20-22, 21-18, 21-17.

Namun, para wakil Djarum A mampu memetik dua kemenangan beruntun melalui  Shaafiya Yasmin Maitsaa dan Selsi Josika/Yasintha Ristyna Putri. Dengan hasil tersebut, Djarum A akan bertemu dengan Mutiara Cardinal di final untuk memperebutkan Piala Yuni Kartika.

Sekadar catatan, Piala Yuni Kartika "terbang" ke Thailand setelah klub asal Kota Bangkok, Banthongyord, mengalahkan Jaya Raya dan naik ke podium teratas.