Polytron Superliga Junior 2024 - Bertanding Memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan dan Yuni Kartika

Rangkaian laga pembuka Polytron Superliga Junior 2024 (Djarum Badminton)
Rangkaian laga pembuka Polytron Superliga Junior 2024 (Djarum Badminton)
Superliga Junior ‐ Created by EL

Magelang | Kejuaraan beregu Polytron Superliga Junior 2024 di kelompok U17 putra dan putri mulai bergulir pada Senin (12/8) untuk memperebutkan Piala Hariyanto Arbi yang diikuti enam tim dalam negeri serta dua tim dari luar negeri. Berbeda dengan beregu putra U17, di bagian putri memiliki tujuh tim peserta dalam negeri dan satu tim mancanegara yang akan bersaing meraih Piala Yuni Kartika.

Pada persaingan perebutan Piala Hariyanto Arbi, sebanyak enam tim dalam negeri adalah PB Djarum A dan PB Djarum B, Gideon Badminton Academy, Champion United, serta Jaya Raya Jakarta. Sedangkan dari luar negeri ialah Singapore Badminton Association asal Singapura dan Sports Affair (Malaysia).

Sesuai dengan peringkat junior Federasi Bulu Tangkis Nasional, maka posisi unggulan adalah PB Djarum A menempati unggulan pertama, diikuti PB Jaya Raya di unggulan kedua. Sedangkan unggulan ketiga dan keempat ditempati PB Djarum B dan Gideon Badminton Academy.

Merujuk pada peringkat nasional U17, PB Djarum A menjadi tim dengan kekuatan terbaik sesuai dengan peringkat junior BWF. Sementara, unggulan kedua, PB Jaya Raya, juga menempatkan para atlet terbaiknya di kejuaraan ini.

Meskipun di atas kertas PB Djarum dan Jaya Raya merupakan tim yang kuat, tetapi tim lain tidak bisa dipandang ringan. Berada di unggulan tiga dan empat, PB Djarum B dan Gideon Badminton Academy tentu akan berusaha memberikan
penampilan terbaik mereka.

Singapore Badminton Association dan Sports Affair akan membuat perebutan Piala Hariyanto Arbi semakin menarik.

Sementara, di beregu putri U17 terdiri atas PB Djarum A, Mutiara Cardinal Bandung, Gideon Badminton Academy, Power Rajawali, PB Djarum B, PB Jaya Raya Jakarta, dan Champion United. Sedangkan satu tim dari luar negeri adalah Singapore Badminton Association.

Di ajang dalam negeri, kekuatan pemain putri U17 masih terpusat pada klub PB Djarum, Jaya Raya Jakarta, dan Mutiara Cardinal Bandung. Unggulan pertama ditempati PB Djarum A, diikuti PB Jaya Raya, PB Djarum B, dan Mutiara Cardinal Bandung, berada di unggulan kedua, ketiga, dan keempat.

Pada Polytron Superliga Junior 2023, Banthongyord asal negeri "Gajah Putih" berhasil merebut Piala Yuni Kartika setelah pemain andalan mereka seperti Anyapat Phicitpreechasak, Ratnacha Sompoch, dan ganda putri Pimcahnok Sutthiviriyakul/Sunisa Lekjula, berhasil mencuri poin dari lawan-lawannya.

Dengan kekuatan tim PB Djarum, Jaya Raya, Mutiara Cardinal Bandung, dan lima tim lainnya, diprediksi akan menjadi persaingan yang sengit untuk membawa pulang Piala Yuni Kartika.