(Blibli Indonesia Open 2018) Menanti Kejutan Ganda Putri Indonesia

Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
Greysia Polii/Apriyani Rahayu.
Indonesia Open ‐ Created by AH

Greysia Polii/Apriyani Rahayu kembali bakal menjadi andalan Indonesia untuk nomor ganda putri pada ajang Blibli Indonesia Open 2018 yang akan berlangsung mulai 3 hingga 8 Juli mendatang. Penampilan keduanya menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta bulutangkis tanah air. Bahkan banyak diantaranya yang menanti Gresysia/Apriyani membuat kejutan.

Pasangan kombinasi senior-junior ini memang telah menjadi ganda putri ada di level elit usai memenangkan gelar di Thailand Open Grand Prix Gold 2017, French Open Super Series 2017, serta India Open 2018 HSBC BWF World Tour Super 500.

Gelar di negeri sendiri tentunya amat didambakan Greysia/Apriyani, yang kini duduk di rangking enam dunia. Greysia/Apriyani nyaris saja mewujudkan keinginan mereka untuk berjaya di Istora kala berhasil melaju ke final Daihatsu Indonesia Masters 2018. Sayangnya, mereka ditaklukkan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) di partai puncak.

Misaki/Ayaka masih menjadi ganda putri yang berbahaya, Greysia/Apriyani tercatat belum pernah memenangkan lima laga kontra peraih medali emas ganda putri Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tersebut.

Jepang kini merajai sektor ganda putri dengan menempatkan tiga wakil ganda putri di jajaran Top 5 rangking dunia. Di rangking kelima, ada Misaki/Ayaka, kemudian Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto di posisi keempat. Sedangkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota memiliki rangking tertinggi di posisi dua dunia.

Namun, jika melihat dari peta kekuatan, Chen Qingchen/Jia Yifan, punya kans besar di turnamen ini. Chen/Jia tentu ingin mempertahankan gelar yang mereka raih di BCA Indonesia Open 2017 lalu.

Dari benua Eropa, pasangan rangking tiga dunia, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen, siap kembali ke arena pertandingan di Blibli Indonesia Open 2018. Usai menjuarai All England 2018, Juhl/Pedersen absen di sejumlah turnamen, termasuk Piala Uber 2018.

Greysia/Apriyani tak sendirian, pasangan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris juga akan berjuang untuk mencapai hasil terbaik pada turnamen di kandang sendiri. Beberapa pasangan yang sudah berpisah di sejumlah turnamen, kembali ke pasangan masing-masing untuk berlaga di kejuaraan ini. Diantaranya adalah Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Nitya Krishinda Maheswari/Yulfira Barkah, serta Rosyita Eka Putri Sari/Meirisa Cindy Sahputri.

Dari pelatnas pratama, dua wakil bakal unjuk gigi, diantaranya Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela dan Tania Oktaviani Kusumah/Vania Arianti Sukoco. Dua pasangan profesional pun akan turun di kejuaraan ini, mereka adalah Pia Zebadiah Bernadet/Tiara Rosalia Nuraidah dan Dian Fitriani/Nadya Melati.