(Blibli Indonesia Open) Tai Tzu Ying Gagal Pertahankan Gelar

Ekspresi Tai Tzu Ying (Taiwan).
Ekspresi Tai Tzu Ying (Taiwan).
Indonesia Open ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tunggal putri peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying dipastikan gagal mempertahankan gelar tahun ini setelah tumbang di babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Sabtu (20/7). Lewat pertarungan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Tai Tzu Ying kalah 9-21 dan 15-21 atas pebulutangkis unggulan keempat asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Tampil jauh di luar performa terbaiknya, Tai Tzu Ying mengaku cukup kecewa karena tidak bisa melaju sampai ke partai puncak. “Hari ini saya tampil buruk. Saya sedang tidak enak badan. Hari ini saya tidak bisa mengeluarkan tenaga dan kecepatan terbaik saya. Sayang sekali,” kata Tai Tzu Ying usai pertandingan.

Tzu Ying yang merupakan unggulan pertama pada kejuaraan ini sempat berusaha untuk mengejar ketertinggalan di pertengahan game kedua. Namun upaya yang dilakukannya tidak berbuah manis. Beberapa percobaan serangan justeru harus berujung dengan penambahan poin untuk Akane karena pengembaliannya kerap kali keluar dari bidang permainan.

Meski begitu, Tzu Ying tetap memuji penampilan Akane. “Akane merupakan salah satu pebulutangkis tunggal putri dunia yang sangat pintar dalam mengendalikan shuttlecock, khususnya saat menyerang. Tapi mau bagaimana lagi, saya memang benar-benar tidak bisa mengeluarkan permainan terbaik saya hari ini. Hari ini kondisi badan saya sangat tidak fit,” pungkasnya.

Setelah tersingkir dari pentas Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Tai Tzu Ying akan kembali bersiap diri jelang kejuaraan Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 yang akan berlangsung pekan depan. Di babak pertama nanti, Tzu Ying akan berhadapan dengan tunggal putri Amerika Serikat, Zhang Beiwen.