Indonesia Open 2024 - China Pastikan Satu Gelar Juara

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong melaju ke final turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2024, dan akan bertemu kompatriotnya, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Di semifinal, Jiang/Wei berhasil mengatasi wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Sementara, Zheng/Huang menang atas Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai asal Thailand.

Pada laga semifinal di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6), ganda campuran peringkat teratas dunia itu belajar banyak dari pertemuan sebelumnya melawan Bas/Popor --sapaan akrab Dechapol/Sapsiree-- pada perempat final French Open 2024. Saat itu, Zheng/Huang kalah dari wakil negeri "Gajah Putih" dengan skor 21-15, 16-21, 24-26.

"Kami banyak belajar banyak dari kekalahan melawan Dechapol/Sapsiree di French Open 2024. Kami mengubah strategi, dan menjaga komunikasi sepanjang laga," ujar Zheng melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Dengan hasil ini, Zheng/Huang kembali akan tampil di partai puncak turnamen Indonesia Open. Tercatat, peraih medali emas Asian Games 2022 itu berstatus sebagai juara bertahan setelah sebelumnya menjadi juara dengan mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, melalui dua gim langsung 21-14, 21-11.

Sementara, Jiang/Wei mengalahkan Tan/Lai dengan skor 21-16, 21-18.

Inilah pertemuan kedua antara Zheng/Huang dan Jiang/Wei. Sebelumnya, kedua pasangan bertanding di final Badminton Asia Championships 2023. Saat itu, Zheng/Huang menyerah dari Jiang/Wei dengan skor 15-21, 16-21.

Kemenangan tersebut menjadi motivasi buat Jiang/Wei untuk bisa memberikan kejutan menghadapi seniornya di final turnamen BWF World Tour Super 1000. "Kami mencoba bermain semaksimal mungkin untuk membuat kejutan meraih gelar juara di turnamen Indonesia Open 2024," ungkap Jiang.

Menurut rencana, partai puncak Indonesia Open 2024 diselenggarakan pada Minggu (9/6) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, mulai pukul 12.00 siang WIB.