All England 2023 - Jalan Terjal Mengadang Sejak Hari Pembuka

Mohammad Ahsan & Hendra Setiawan (Djarum Badminton)
Mohammad Ahsan & Hendra Setiawan (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia mengirimkan enam wakilnya pada nomor ganda putra ke All England 2023 yang akan berlangsung di Arena Utilita Birmingham, Inggris, 14-19 Maret. Sejak hari pertama turnamen level BWF World Tour Super 1000, lawan-lawan tangguh dari Korea Selatan, Malaysia, dan India, siap mengadang para wakil "Merah Putih". Dengan jumlah pasangan yang mencapai setengah lusin, pertemuan sesama ganda putra Indonesia pada babak pertama pun tak terhindarkan.

Pasangan muda yang kini berstatus sebagai juara bertahan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dituntut untuk mewaspadai lawan pada babak pertama yang merupakan pasangan senior, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang dari Korea Selatan. "Ya bisa dibilang mereka itu kan pemain legend, mungkin (usianya) sepantar Koh Hendra dan Ahsan, kita harus tetap nothing to lose di lapangan," kata Bagas pada pertengahan pekan ini, di Cipayung, Jakarta.

"Harus yakin kalau kita bisa mengalahkan mereka," Bagas, menambahkan

Pertandingan babak 32 besar pekan depan akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan. Bagas/Fikri yang kini menempati peringkat ke-12 dunia, harus bersiap menghadapi kejutan dari pasangan peringkat ke-57 itu.

Meski tak dapat merasa aman 100 persen pada babak pertama, Bagas/Fikri tetap diunggulkan dengan kelebihan dari faktor usia yang lebih muda dari lawannya. "Iya, mungkin kita mengandalkan di tenaga dan fisiknya, harusnya kita lebih unggul. Cuma tipe pemain Korea, kan, pertahanannya lebih kuat dan matang saja, bola di sana juga (terbiasa) agak berat juga," Fikri, menjelaskan.

Menurut laporan Antara, selaku juara bertahan, Bagas/Fikri menyadari, langkah mereka pada turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut tidak akan mudah. Bahkan berdasarkan pengamatan keduanya, menilik dari hasil drawing, bisa dipastikan persaingan akan berlangsung ketat. "Iya, sudah tidak ada keinginan lawan siapapun. Semua sama berat, sudah tidak ada pilihan," tutur Fikri.

Agar tidak ada penyesalan, mereka pun berusaha meningkatkan kemampuan lewat latihan rutin di Cipayung. Baik Bagas dan Fikri pun secara terbuka saling memberikan masukan kepada satu sama lain untuk mengevaluasi kinerja masing-masing. "Saling meningkatkan kemampuan pribadi masing-masing saja, nanti coba dicocokkan di lapangan," pungkasnya.

Berikut susunan pertandingan para ganda putra Indonesia pada babak 32 besar All England 2023:

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan)
Kim Gi Jung/Kim Sa Rang (Korea Selatan) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
vs. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
vs. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India/6)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/2)