(All England) Lee: Saya Senang Bisa ke Semifinal

Lee Zii Jia (Malaysia) mengembalikan shuttlecock.
Lee Zii Jia (Malaysia) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tren positif masih terus diperlihatkan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia yang berhasil melangkahkan kakinya ke semifinal All England 2020 BWF World Tour Super 1000. Perjalanan Lee menuju babak empat besar ini terasa sangat istimewa karena ia berhasil mengalahkan unggulan ketiga asal Tiongkok, Chen Long dalam permainan straight game dengan skor 21-12 dan 21-18 pada pertandingan yang berlangsung di Arena Birmingham, Inggris, Jumat (13/3).

Bisa lolos ke semifinal, Lee mengaku sangat senang. Apalagi ini merupakan penampilan perdananya di kejuaraan All England. “Ini All England pertama saya dan saya sangat senang bisa lolos ke semifinal,” ungkap Lee Zii Jia seperti dikutip dari situs resmi BWF.

Kemenangan ini juga sekaligus memperbaiki catatan pertemuan dengan Chen menjadi sama kuat 2-2. Lee merasa begitu senang karena bisa membalas kekalahannya saat bentrok di kejuaraan Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750, Oktober lalu.

“Dia adalah mantan juara dunia dan juara Olimpiade. Ini adalah pertemuan keempat kita dan dia berhasil memenangkan pertemuan terakhir kita di Denmark, jadi ini adalah kemenangan balas dendam bagi saya. Saya cukup senang dan menantikan babak semifinal, besok,” katanya.

Perjuangan Lee hingga akhirnya bisa lolos ke semifinal All England 2020 BWF World Tour Super 1000 ini boleh dibilang cukup apik. Di babak pertama, tunggal putra peringkat 13 dunia ini berhasil mengalahkan wakil Indonesia, Jonatan Christie dengan skor 21-15 dan 21-13. Kemudian di 16 besar, ia juga menang dua game langsung 21-10 dan 21-16 atas Lu Guang Zu dari Tiongkok.

“Saya pikir untuk turnamen ini, dari babak pertama saya sudah bermain dengan sangat sabar. Saya membuat lebih sedikit kesalahan. Ini peningkatan yang bagus untuk saya. Terakhir kali, kelemahan saya adalah membuat banyak kesalahan sendiri. Saya pikir saya sudah bisa memperbaiki itu, jadi saya senang,” tuturnya.

Di babak semifinal All England 2020 BWF World Tour Super 1000, Lee akan berhadapan dengan unggulan dua asal Denmark, Viktor Axelsen. Catatan pertemuan menyatakan bila keduanya sama kuat dengan dengan koleksi satu kemenangan. Pada pertemuan sebelumnya, di ajang Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500, Lee menang dengan skor 21-18 dan 21-16.

Lee berharap pertandingan besok (14/3) bisa membanggakan para pendukungnya. Suasananya sangat bagus di sini, penonton juga sangat ramah dan mereka mendukung saya. Ada juga beberapa penggemar dari Malaysia. Semoga saya bisa membuat mereka bangga, tandasnya.