Asian Games 2022 - Ana/Tiwi Tersisih

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kalah dari pasangan nomor satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, pada babak 16 besar cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan Asian Games Hangzhou 2022. Pasangan yang dikenal dengan sapaan Ana/Tiwi itu kalah dua gim langsung dua gim langsung 5-21, 17-21 dalam laga yang digelar di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Rabu (4/10).

Pada gim pertama, Ana/Tiwi bermain buruk karena baru mendulang dua poin saat skor menunjukkan 2-11. Ana/Tiwi kesulitan keluar dari tekanan tim lawan dan hal ini membuat mereka mengakhiri gim pertama dengan kekalahan 5-21.

Gim kedua, Ana/Tiwi memperbaiki penampilan buruknya di gim pertama. Poin-poin yang disumbang Jia sempat membuat China unggul 5-0 pada menit-menit awal.

Namun, setelahnya Ana/Tiwi bangkit. Dua poin berturut-turut diraih ketika Chen/Jia gagal mengembalikan kok dan kedudukan pun menjadi sama kuat 5-5.

Antara melaporkan, Ana/Tiwi melanjutkan permainan apik dengan unggul 9-7 dan kemudian menjaga keunggulan pada interval kedua dengan 11-10. Kedua tim lalu bermain ketat dimana skor sama kuat menghiasi laga sampai 17-17. Setelah bermain ketat dengan pasangan tim tuan rumah, permainan Ana/Tiwi kendur dan membuat mereka tertinggal 17-20.

Puncaknya, pada match point, pukulan cerdik Jia ke arah yang kosong, gagal diantisipasi Ana maupun Tiwi, dan mengunci kemenangan bagi pasangan tuan rumah itu.

Kekalahan ini membuat langkah peraih emas SEA Games Kamboja 2022 tersebut gagal melaju ke perempat final. Sementara, Chen/Jia melaju ke perempat final dan akan bertemu wakil Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.