Asma Kambuh, Axelsen Mundur dari European Games 2019

Ekspresi kekecewaan Viktor Axelsen (Denmark).
Ekspresi kekecewaan Viktor Axelsen (Denmark).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Juara Dunia 2017 asal Denmark, Viktor Axelsen memutuskan untuk mundur dari gelaran European Games 2019 yang berlangsung di Minsk, Belarus, Jumat (21/6), akibat kembali mengalami masalah pada kondisi kesehatannya. Axelsen dikabarkan memiliki penyakit pada pernafasannya alias mengidap alergi serbuk sari rumput (Grass Pollen Allergy) yang mulai kambuh sekitar sepekan terakhir.

Federasi Bulu Tangkis Denmark mengungkapkan bila Axelsen sudah melakukan perawatan selama dua pekan di Rumah Sakit Bisperbjerg, Copenhagen, Denmark. Sayangnya, kondisi Axelsen belum berangsur pulih dan terpaksa memutuskan batal tampil di ajang European Games 2019.

Axelsen mengungkapkan keinginannya untuk bisa ambil bagian di kejuaraan European Games 2019. Sebab, turnamen ini merupakan salah satu bagian terpenting bagi dirinya dan berkaitan pula dengan kualifikasi jelang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Saya sangat frustasi dengan kondisi ini. Saya sangat ingin pergi bermain dan ada beberapa poin penting di Minsk yang berhubungan dengan kualifikasi Olimpiade. Namun, saya belum bisa untuk berlatih, berkompetisi di level tertentu, dan untuk itulah saya harus beristirahat di rumah,” kata Viktor Axelsen sebagaimana dikuti dari situs resmi BWF, www.bwfbadminton.com.

Selain itu, dalam akun media sosialnya, Axelsen juga sedikit membagi cerita tentang kondisi yang dialaminya dalam satu pekan terakhir.

“Dalam 10-11 hari terakhir tidak menyenangkan bagi saya di sini, di Denmark. Ssma saya mulai menyala sekitar 1,5 minggu yang lalu. Dan meskipun saya melakukan semua yang saya bisa untuk menyelesaikan masalah ini, saya masih menemukan diri saya mengalami kesulitan bernafas dalam melakukan kegiatan fisik dan tidak dapat melakukan pelatihan sederhana di lapangan tanpa mulai batuk. Itu juga berarti bahwa sayangnya saya tidak akan cocok untuk bersaing di European Games 2019 minggu depan. Saya harus fokus untuk kembali normal sebelum saya berkompetisi, dan mudah-mudahan saya dapat mulai berlatih lagi segera. Sangat frustasi dan mengecewakan karena saya sudah tidak sabar untuk bermain,” tulis Viktor dalam tautan di akun resmi instagram-nya, @viktoraxelsen.

Sementara itu, Manajer Olahraga Bulutangkis Denmark, Jens Meibom mengatakan bila asma atau penyakit pernafasan yang dialami Axelsen ini sudah pernah dialami sebelumnya. Pada September 2018 lalu di China Open 2019 BWF World Tour Super 1000, Axelsen tumbang dan terkapar di lapangan ketika menghadapi tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Saat itu, usai terserang asma, Viktor terpaksa absen dan harus menjalani perawatan medis selama kurang lebih dua bulan.

Dengan absennya Axelsen dari European Games 2019 ini lantas menjadikan Anders Antonsen sebagai satu-satunya wakil Denmark di sektor tunggal putra.

 

Semoga lekas sembuh Axelsen!