(BaBel Indonesia Masters 2018) Waktunya Yang Muda Unjuk Gigi

Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (Foto: PBSI)
Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by PBSI

Gempita prestasi bulutangkis Indonesia tengah menggema hingga ke seluruh penjuru Tanah Air. Prestasi gemilang yang ditoreh para pebulutangkis elit di Asian Games 2018 menjadi inspirasi bagi berbagai kalangan. Dua medali emas Asian Games 2018 yang dipersembahkan Jonatan Christie dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, membuat masyarakat semangat mengangkat raket dan kian memberi atensi ke olahraga kebanggaan Indonesia ini.

Usai penyelenggaraan Asian Games, kini saatnya pemain muda unjuk kebolehan di ajang Bangka Belitung Indonesia Masters 2018. Sebuah turnamen internasional yang masuk kategori BWF World Tour Super 100. Turnamen ini merupakan salah satu dari rangkaian BWF World Tour yang akan berakhir di BWF Tour Finals di Guangzhou, Tiongkok, pada penutup tahun. Para juara berhak atas poin sebesar 5500 poin.

Ini adalah pertama kalinya Indonesia menggelar turnamen berlevel Super 100. Pada tahun sebelumnya, Indonesia memiliki tiga turnamen kelas dewasa di level elit yaitu level International Challenge, Grand Prix Gold dan Superseries Premier. Dengan bergantinya sistem level turnamen oleh BWF (Badminton World Federation), mulai tahun 2018, Indonesia punya turnamen di level 2 yang disebut turnamen Super 1000, level 4 yang disebut Super 500 dan Super 100 yang ada di level 6.

GOR Sahabudin akan menjadi saksi pertarungan di Bangka Belitung Indonesia Masters 2018 yang akan mendatangkan generasi-generasi penerus bulutangkis Indonesia di masa datang.

Selain sebagai ajang berburu poin demi mendongkrak peringkat, kejuaraan ini bisa dimanfaatkan para pemain untuk menimba pengalaman untuk bertanding ke jenjang yang lebih tinggi.

Kejuaraan ini akan diikuti oleh para pemain di pelatnas diantaranya Ihsan Maulana Mustofa dan Fitriani di sektor tunggal putra dan putri. Sebagai tuan rumah, tim Indonesia mengirim pemain dengan jumlah yang cukup besar, terbesar dari kejuaraan serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya nama Ihsan dan Fitriani, para pemain pelatnas pratama pun siap berlaga di turnamen yang berhadiah total sebesar 75 ribu Dollar AS ini. Tetapi para pemain muda pun tak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mendapat pelajaran sebanyak-banyaknya dari kejuaraan ini.

Pasangan Juara Dunia Junior 2017, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, tercatat sebagai salah satu peserta di nomor ganda campuran. Begitu juga pasangan ganda putri peraih gelar Asia Junior Championships 2018, Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma. Semuanya akan beraksi di turnamen yang akan digelar pada 18-23 September 2018 ini.

Tak cuma sederet nama pemain Indonesia, Bangka Belitung Indonesia Masters 2018 juga akan diramaikan para bintang bulutangkis dunia. Sebut saja pasangan Juara Dunia 2014, Ko Sung Hyun/Shin Bae Cheol asal Korea. Keduanya yang baru saja comeback usai absen panjang, akan beraksi di Bangka Belitung.

Di nomor tunggal putri, Minatsu Mitani, menjadi unggulan pertama di nomor tunggal putri.

Disusul Fitriani di nomor dua. Jika terjadi final ideal, tentunya pertarungan kedua pemain yang terkenal ulet ini akan berlangsung seru di laga puncak.

Sumber: PBSI