BAC 2022 - Ribka/Fadia Kandas

Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Siti Fadia Silva Ramadhanti & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Manila | Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus mengubur mimpi naik podium teratas di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022. Langkah mereka dihentikan Du Yue/Li Wen Mei asal China di perempat final. Berlaga di Muntinlupa Sports Complex, Manila Jumat (29/4), Ribka/Fadia gagal mengeluarkan kemampuan terbaik. Pola permainan yang telah disiapkan dengan mudah terbaca lawan. Ribka/Fadia akhirnya menyerah dua gim langsung 10-21, 12-21.

"Tadi di awal laga sebenarnya pola permainan sudah benar tapi ternyata mereka lebih siap. Permainan kami sudah terbaca semua. Kami coba mengubah pun mereka bisa mengimbangi," kata Ribka, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Secara hasil kami cukup puas, bersyukur sudah bisa sampai di perempat final. Saya pun baru kembali dari cedera. Tapi yang disesali kami berpikir tadi bisa ramai poinnya," lanjut Ribka.

Pasca-BAC 2021, pasangan ini dipastikan berpisah. Ribka akan berpasangan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani, sementara Fadia bersama Apriyani Rahayu. Kedua pasangan ini direncanakan turun di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

Memasuki BAC 2022, Ribka/Fadia berada di peringkat 28 dunia.

Laga di kejuaraan perorangan Asia ini menjadi yang pertama bagi Ribka/Fadia setelah hampir setengah tahun, sejak kali terakhir mereka bertanding pada Indonesia Masters 2021. Mereka kalah di babak pertama dari wakil Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, lewat rubber game 13-21, 21-15, 16-21.