BAC 2023 - Konsisten Menekan, Praveen/Melati Menang

Melati Daeva Oktavianti & Praveen Jordan (Humas PP PBSI)
Melati Daeva Oktavianti & Praveen Jordan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi wakil Indonesia pertama yang memetik kemenangan pada Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Pada laga babak 32 besar yang digelar di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab tersebut, pasangan non-pelatnas itu menang dua gim langsung 21-17, 21-16 atas wakil Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya, dalam tempo 35 menit.

"Pasangan Jepang, kan, memang mainnya ulet. Jadi kami tadi sebelum tanding sudah diskusi agar tidak kalah start dari mereka," ungkap Praveen melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Selasa (25/4) malam WIB.

Hal hampir senada juga dilontarkan Melati yang juga menilai perlu meredam perlawanan Yamashita/Shinoya sejak awal gim pembuka. Taktik bermain menyerang terus diterapkan, serupa dengan pola permainan saat pertemuan pertama pada BAC 2022.

"Saya bilang sama Jordan untuk langsung 'in' mainnya. Jangan biarkan lawan berkembang dengan terus menekan. Kami tahun lalu di turnamen yang sama juga bertemu mereka, jadi kurang lebih sudah tahu permainannya," jelasnya.

"Di lapangan tidak ada kendala berarti. Oke-oke saja semua," Melati, menambahkan.

Di babak kedua, juara All England 2022 itu akan bertemu Chen Tang Jie/Toh Ee Wei. Pasangan Malaysia yang kini dilatih Nova Widianto tersebut, meraih tiket babak 16 besar seusai mengalahkan unggulan ketujuh dari Korea Selatan, Kim Won Ho/Jeong Na Eun, dengan skor 21-14, 21-13.