BAC 2024 - Hee/Tan Pesaing Terdekat Rinov/Pitha

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi tumpuan Indonesia dalam perburuan tiket Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga bulu tangkis di nomor ganda campuran. Pasangan "Merah Putih" lainnya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, berada dalam posisi sulit untuk menyalip Rinov/Pitha, yang kini bersaing ketat dengan wakil Singapura, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica.

"Pesaing terdekat Rinov/Pitha untuk menjalani debut mereka di Olimpiade adalah Hee/Tan. Sebelum menjalani tur Eropa selama Maret, Rinov/Pitha tertinggal 554 poin dari Hee/Tan dalam daftar peringkat kualifikasi Olimpiade. Kini, Rinov/Pitha berbalik unggul 2.904 poin atas Hee/Tan," demikian diwartakan Kompas pada Sabtu (6/4).

Dalam artikel dengan kepala berita "Rinov/Pitha Perlu Waspada di Ajang Asia" tersebut juga disebutkan, dengan gelar juara dari Spain Masters 2024, Rinov/Pitha menjadi ganda campuran ke-13 yang berada di  posisi aman ke Olimpiade. Sementara, Hee/Tan terancam tidak lolos. Namun, Rinov/Pitha perlu mewaspadai perlawanan Hee/Tan pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) 2024 di Ningbo, China, 9-14 April.

Pelatih kepala ganda campuran pelatnas bulu tangkis Indonesia Herry Iman Pierngadi mengemukakan, Rinov/Pitha dapat tersalip jika mereka mendapatkan hasil lebih buruk dari Hee/Tan pada BAC 2024. "Namun, Hee/Tan memiliki syarat lain, yaitu minimal mencapai semifinal," kata Herry pada Jumat (5/4), dikutip dari surat kabar harian tersebut.

Oleh karenanya, Rinov/Pitha setidaknya wajib memiliki hasil serupa Hee/Tan  untuk mempertahankan peluang lolos ke Paris 2024. Di babak pertama BAC 2024, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Hiroki Midorikawa/Natsu Saito. Mereka selalu menang dalam empat pertemuan dengan pasangan asal Jepang tersebut. Sementara, Hee/Tan akan bertemu wakil Taiwan, Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen.

Jika menang atas Hiroki/Natsu, Rinov/Pitha berpeluang besar bertemu unggulan keempat dari Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung, di babak 16 besar.