BAC 2024 - Rinov/Pitha Jaga Asa ke Paris

Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berhasil melewati babak pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) 2024. Mereka sukses meredam perlawanan pasangan Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, melalui drama tiga gim 21-13, 14-21, 21-18 dalam tempo 65 menit di Ningbo Olympic Sports Center Gymnasium, Ningbo, China, Rabu (10/4) pagi waktu setempat.

"Bersyukur bisa menang," tanggap Rinov kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Stamina saya memang belum pulih setelah pekan lalu baru pulang dari Eropa. Dalam pertandingan tadi saya memang memaksakan diri untuk bisa menang. Dengan kondisi shuttlecock yang lumayan berat, saya berusaha terus saja," Rinov, menjelaskan.

Sementara, Pitha menyatakan, "Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk memenangkan pertandingan tadi. Melawan pasangan Jepang tadi juga bukan pertandingan yang mudah."

Lebih lanjut Pitha mengungkapkan, setelah mengunci kemenangan gim pembuka, mereka sempat kehilangan fokus di gim berikutnya. Dan kelengahan juara Spain Masters 2024 tersebut berhasil dimanfaatkan oleh Hiroki/Natsu untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. "Namun, di gim ketiga kami bisa kembali bermain seperti di gim pertama untuk memenangkan pertandingan," katanya.

Rinov ini berharap dapat terus menjaga keberhasilan di Eropa pada pekan lalu berlanjut ke kejuaraan individu kontinental ini. Kemenangan di babak 32 besar ini menjadi bekal positif bagi keduanya dalam perburuan tiket Olimpiade Paris 2024. "Saya memang ingin terus menjaga harapan dan peluang untuk lolos ke Olimpiade. Saya juga ingin menjaga momentum keberhasilan di Eropa lalu. Makanya saya selalu bersemangat untuk itu," paparnya.

"Harapan agar bisa lolos ke Olimpiade tentu ada. Cuma untuk saat ini kami fokus ke pertandingan yang saat ini kami hadapi. Kami fokus ketemu siapa sekarang dan pertandingan apa sekarang dulu. Tidak mau berpikir terlalu jauh," demikian Pitha.

Di babak 16 besar BAC 2024, Rinov/Pitha akan menantang unggulan keempat Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. Pasangan asal Korea Selatan itu membukukan kemenangan straight games 21-15, 21-13 atas pasangan Taiwan, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin, di babak pembuka.