(Badminton Asia Championship 2016) Ke Semifinal, Owi/Butet Makin Percaya Diri

Internasional ‐ Created by BAZ

WUHAN - Pasangan ganda campuran peringkat dua dunia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses merebut tiket ke babak semifinal Kejuaraan Asia Bulutangkis 2016 usai mengalahkan wakil Korea Selatan Choi Solgyu/Eom Hye Won 21-16 dan 21-15, di Wuhan Sport Centrer Gymnasium, Jumat (29/4). Praktis hasil itu membuat keduannya makin percaya diri untuk melakoni laga selanjutnya.

Ini merupakan pertemuan pertama Owi/Butet dengan Shin/Chae. Melihat peluang di atas kertas, Tontowi/Liliyana masih diunggulkan untuk menang dari pasangan nomor sepuluh dunia tersebut. Tak ayal, jika keduanya bisa menuntaskan laganya dengan cepat, yakni 38 menit saja. 

Mampu mengatasi game pertama dengan baik, Owi/Butet sempat tertinggal di game kedua. Keduanya terus tertinggal 5-9, 7-11, dan 11-14, sebelum keduanya melesat mengantongi 10 poin berikutnya.

"Pertandingan hari ini tidak bisa dibilang mudah. Tapi, kami bisa menghadapinya dengan baik. Mudah-mudahan, besok kami bisa tampil lebih baik lagi. Yang pasti kami semakin percaya diri untuk ke semifinal besok," kata Owi usai pertandingan. 

Butet menambahkan, laga hari ini berlangsung cukup alot. Tapi, berkat konsistensi dan fokus dia dan Owi bisa bermain baik, meski sempat tertinggal, untuk menyelesaikan laga dengan kemenangan dalam dua set. 
Pada Kejuaraan Asia 2015, juara All England tiga kali itu berhasil menjadi jawara. Di partai final kala itu, keduanya mengalahkan wakil Hongkong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dengan skor 21-16 dan 21-15. 

Pada pertandingan lain, ganda campuran nomor satu dunia Zhang Nan/Zhao Yunlei melaju setelah kalahkan Kim Gi Jung/Shin Seung Chan, Korea, 21-14 dan 21-10. Duet Tiongkok itu kemudian akan menghadapi unggulan empat asal Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na dari Korea Selatan. Jika prediksi berjalan mulus, Nan/Yunlei bakal menjadi lawan Owi/Butet di final nanti.