(Badminton Asia Championships 2016) Gagal ke Semifinal, Tommy Petik Pelajaran Penting

Internasional ‐ Created by RYN

WUHAN - Tommy Sugiarto memetik pelajaran berharga dari kekalahannya di perempat final Badminton Asia Championships 2016. Pemain tunggal putra Indonesia itu gagal mengamankan tempat di semifinal usai ditaklukkan pemain Tiongkok, Chen Long dengan skor 16-21 dan 14-21.


“Ini menjadi tolak ukur saya untuk Olimpiade nanti. Saya sedikit banyak sudah tahu peta kekuatan di tunggal putra. Walaupun di sini saya belum bisa memberikan yang terbaik, saya akan mencoba lagi,” ujar Tommy.

Chen Long memang memiliki catatan rekor pertemuan yang unggul jauh dari Tommy. Dari sepuluh kali pertemuan, Tommy baru berhasil mengantongi satu kemenangan, yaitu di Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2013. Meskipun sudah berusaha mengeluarkan permainan terbaiknya di pertandingan kali ini, Tommy menilai persiapan Chen Long lebih matang sehingga ia pun harus mengakui keunggulan lawan. 

“Saya berusaha untuk tampil yang terbaik tapi dia lebih siap untuk pertandingan kali ini. Saya sudah coba maksimal, tapi saya akui dia masih lebih baik dari saya,” ungkapnya.

Tiongkok sendiri sukses mendominasi babak semifinal tunggal putra. Selain Chen Long, ada Lin Dan  dan Tian Houwei yang sudah memastikan tempat di empat besar. 

Turnamen ini merupakan turnamen terakhir untuk penghitungan poin ke Olimpiade Rio 2016. Selanjutnya, Tommy berencana mengikuti turnamen lainnya untuk melakukan pemanasan jelang pesta olahraga dunia yang akan dihelat mulai 5 Agustus itu.

"Setelah ini saya akan ikut beberapa turnamen saja untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kepercayaan diri. Saya ingin bisa fokus ke Olimpiade,” pungkasnya.