(Badminton Asia Championships) Rizki/Della Menang, Indonesia Kirim Tiga Wakil

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tiket ke babak perempat final akhirnya berhasil diamankan pasangan ganda putri Indonesia, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris lewat kemenangan 21-18 dan 21-16 atas wakil Tiongkok, Dong Wenjing/Feng Xuenying pada pertandingan yang berlangsung di Wuhan Sport Center, Kamis (25/4). Dengan kemenangan ini, Indonesia lantas mengirimkan tiga wakilnya ke babak delapan besar Badminton Asia Championships 2019.

Pada pertandingan kali ini Rizki/Della merasa cukup beruntung lantaran tidak bertemu pasangan ganda putri Jepang, Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo yang kerap menjadi batu sandungan mereka lantaran telah dikalahkan Dong/Feng di babak sebelumnya.

“Ya kita merasa diuntungkan juga karena merasa lebih cocok dengan pola permainan Tiongkok. Kalau pemain Tiongkok mainnya nggak banyak reli. Kami kaget juga kemarin mereka bisa mengalahkan Matsutomo/Takahashi. Tapi dari awal kami tetap mewaspadai pasangan muda Tiongkok ini, mereka bisa mengalahkan Matsutomo/Takahashi, berarti mereka penampilannya bagus,” kata Rizki Amelia Pradipta.

Di babak delapan besar nanti, Rizki/Della akan berhadapan dengan ganda putri Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun. Kedua pasangan tercatat belum pernah berjumpa, namun secara statistik, Rizki/Della lebih diunggulkan dari Chang/Yang. “Untuk pertandingan besok melawan pasangan Taiwan, mereka pertahanannya cukup baik, kita tidak boleh lengah, harus siap terus dan mainnya harus maksimal,” tutur Della.

Kendati Rizki/Della sempat dipisahkan sementara, namun keduanya mengatakan tidak mengalami kendala yang begitu serius. “Kita latihan bersama sekitar seminggu, sepulang dari Singapore Open 2019. Nggak ada rasa kagok sih ganti pasangan, karena di ganda putri kan biasa bertukar pasangan seperti ini,” tandasnya.

Sementara itu, dua tiket ke babak perempat final Badminton Asia Championships 2019 lainnya berhasil diamankan pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lewat kemenangan 21-18 dan 21-18 atas wakil Hong Kong, Chang Tak Ching/Yeung Ming Nok dengan skor 21-18 dan 21-18.

Satu tiket lagi berhasil direbut pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria melaju ke babak delapan besar usai mengalahkan Utkarsh Arora/Karishma Wadkar dari India, dengan skor 21-10 dan 21-15.