(Badminton Asia Team Championships) Kevin/Marcus Bawa Indonesia ke Partai Puncak

Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim putra Indonesia akhirnya memastikan langkah ke babak final Badminton Asia Team Championships 2020 setelah berhasil mengalahkan India dengan skor 3-2. Turun di partai pamungkas, pasangan nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi penentu kemenangan skuat Merah Putih lewat kemenangan 21-6 dan 21-13 atas Lakshya Sen/Chirag Shetty pada pertandingan yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Sabtu (15/2).

Kendati tidak tampil dengan kekuatan penuh, namun tim putra India mampu memberikan perlawanan sengit untuk Kevin Sanjaya cs yang berada di daftar teratas unggulan Badminton Asia Team Championships 2020. Pertandingan tadi tidak mudah, apalagi menghadapi Chirag yang sudah biasa main ganda putra dan memang dia pemain bagus. Tadi kita lebih siap di lapangan, kata Kevin Sanjaya Sukamuljo selepas pertandingan.

“Saya pribadi tidak menduga, saya berharap kita bisa menang lebih cepat. Tapi tim India memang kuat, kita sebagai pemain harus siap dalam situasi apa pun, sambar Marcus Fernaldi Gideon menambahkan.

Selain The Minions, dua kemenangan untuk tim putra Indonesia dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Sayangnya, Jonatan Christie yang turun di partai kedua dan Shesar Hiren Rhustavito di partai keempat belum bisa tampil maksimal dan menyumbangkan poin untuk tim putra Indonesia.

Selanjutnya, di partai puncak Badminton Asia Team Championships 2020, tim putra Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia yang sudah lebih dulu lolos berkat kemenangan sempurna, 3-0 atas Jepang.

Kevin/Marcus mengatakan bila Malaysia merupakan tim yang kuat. Apalagi, pasukan Negeri Jiran itu memiliki pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang kemungkinan besar akan turun sebagai ganda pertama. “Kalau di lapangan, semua tim punya peluang yang sama. Peluangnya 50:50 untuk final besok, yang penting besok harus bisa kasih yang terbaik buat tim, tutur Kevin.

“Mereka memang pemain bagus, di sini mereka belum pernah kalah. Kita harus mewaspadai mereka, karena di sini mainnya harus lebih cepat temponya, lanjut Marcus.

 

Berikut hasil pertandingan babak semifinal Badminton Asia Team Championships 2020. Indonesia 3 – 2 India:

  • Anthony Sinisuka Ginting vs Sai Praneeth: 21-6 dan 0-0 (retired)
  • Jonatan Christie vs Lakshya Sen: 18-21 dan 20-22
  • Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs M.R Arjun/Dhruv Kapila: 21-10, 14-21 dan 23-21
  • Shesar Hiren Rhustavito vs Subhankar Dey: 17-21 dan 15-21
  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Lakshya Sen/Chirag Shetty: 21-6 dan 21-13